Ini Penyebab Pesawat Lion Air Gagal Mendarat di Bandara Fatmawati Bengkulu, Hingga Akhirnya RTB

Maskapai penerbangan Lion Air Group membuat aturan baru bagi calon penumpangnya -dok-rikhi ferdian

TANGERANG, FIN.CO.ID - Rute penerbangan Jakarta-Bengkulu terganggu karena faktor cuaca buruk.

Dampak cuaca buruk menyebabkan pesawat Lion Air dengan kode penerbangan JT-630 rute Jakarta-Bengkulu batal mendarat di Bandara Fatmawati Soekarno.

.

(BACA JUGA: BREAKING NEWS! Jokowi-Zelenskyy Bertemu 4 Mata di Istana Maryinsky, Sama-Sama Bersepatu Kets)

Pesawat berpenumpang 103 orang itu memutuskan untuk kembali ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta setelah lepas landas pada pukul 14.30 WIB.

Jika dalam kondisi normal rute penerbangan Jakarta-Bengkulu itu dijadwalkan mendarat di Bandara Fatmawati Soekarno pukul 15.30 WIB.

Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan, Lion Air Penerbangan JT-630 rute Jakarta-Bengkulu melalui Bandara Soekarno-Hatta itu memutuskan kembali ke bandar udara asal atau Return To Base (RTB).

Keputusan RTB, kata Danang, adalah keputusan tepat sebagaimana standar operasional prosedur untuk mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan.

(BACA JUGA:Astaga Naga! Dua Outlet Holywings yang Ditutup Pemkab Tangerang Ternyata Belum Berizin)

...

"Dikarenakan kondisi cuaca kurang baik di Bandar Udara Fatmawati Soekarno," kata Danang dalam keterangannya kepada FIN.CO.ID, Rabu, 29 Juni 2022 malam.

Karena kondisi cuaca buruk itu, Bandara Fatmawati Soekarno tidak memenuhi kualifikasi atau persyaratan keamanan untuk operasional penerbangan, untuk lepas landas dan mendarat.

"Operasional Lion Air akan kembali diterbangkan setelah bandar udara tujuan dinyatakan aman untuk penerbangan," terangnya.

Dikatakan Danang, terkait dalam menjalankan operasional dan layanan penerbangan Lion Air terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh pihak.

(BACA JUGA:Jokowi dan Iriana Beri Bantuan Obatan-obatan untuk Rumah Sakit Ukraina)

Pihak Lion Air juga telah menginformasikan kepada seluruh penumpang perihal gangguan penerbangan dan keterlambatan keberangkatan. 

Topik:
Sumber :

BERITA TERKAIT