Ada Bintil Muncul di Lidah? Penyebabnya dari Sekedar Sariawan hingga yang Serius

Ada Bintil Muncul di Lidah? Penyebabnya dari Sekedar Sariawan hingga yang Serius

Sariawan, Image oleh Hatice EROL from Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda tengah mengeluhkan kemunculan bintil di lidah Anda. Pertanyaannya, perlukah Anda khawatir akan kondisi ini?
Menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah, bintil yang muncul di lidah umumnya disebabkan oleh sariawan.

Jadi sebelum terlihat seperti sariawan pada umumnya, seperti luka mengelupas berwarna putih atau kemerahan, bintil pada lidah bisa jadi awal mula dari sariawan.

Namun pada kasus yang berbeda, memang bintil di lidah itu bisa disebabkan oleh kondisi yang lebih serius.

(BACA JUGA:Lidah Terasa Sakit padahal Gak Sariawan, Ini Daftar Penyebabnya Menurut dr. Amadeo)

“Namun memang, tidak hanya sariawan, mungkin juga bintil di lidah Anda muncul karena pencetus yang lain,” kata dr. Nadia Nurotul Fuadah seperti dikutip FIN dari Alodokter.

“(Penyebab lainnya adalah) seperti herpes, candidiasis, dermatitis kontak, mukokel, polip, fibroma, infeksi bakteri atau mikroorganisme lain di sekitar rongga mulut, erupsi obat, papila lidah yang meradang, kanker, dan sebagainya,” sambung dia.

Agar kondisi ini tidak memburuk atau membesar, kata dr. Nadia, ada beberapa tisp dan pantangan yang wajib diketahui.

Tidak sembarangan memencet atau mencabut bintil yang muncul, rajin sikat gigi dan flossing adalah beberapa di antaranya.

Lainnya, Anda diminta untuk berkumur dengan cairan antiseptik sebelum tidur, makan perlahan agar tidak tergigit, banyak minum air putih dan berolah raga yang cukup.

“Kurangi dulu konsumsi makanan yang berminyak, pedas, kopi, keju, kacang-kacangan, cokelat, jeruk, dan makanan lain yang berisiko mengiritasi lidah Anda,” saran dr. Nadia Nurotul Fuadah.

Penyebab Bau Mulut Meski Rajin Sikat Gigi

Berikut beberepa penyebab bau mulut, menurut dr. Giordano Bandi via Alodokter:

Xerostomia
Kondisi ini adalah di mana mulut seseorang mengalami keringan, yang berakibat pada berkurangnya produksi air liur, memicu bau mulut.

Penyakit gigi dan gusi
Selain disebabkan oleh kondisi bernama periodontitis, bau mulut juga dapa disebabkan abses gusi.

Gangguan saluran pencernaan
Mereka yang mengalami gangguan pencernaan seperti sakit maag dan asam lambung, juga dilaporkan bermasalah dengan mau mulutnya.

Penyebab lainnya
Sinusisit, diabetes, gangguan liver, dan infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan manusia, juga dapat menyebabkan masalah pada bau mulut mereka.

Kebiasaan orang minum kopi juga disebut jadi penyebab bau mulut. Mengapa kopi bikin bau mulut, karena hal ini ada hubungannya dengan kandungan sulfur dan asam, yang dimiliki oleh kopi itu sendiri.

Gak cuma itu, kebiasaan orang minum kopi, akan menyebabkan menurunnya produksi air liur, dan menyebabkan terperangkapnya bakteri di dalam mulut.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: