Mengenang Perjalanan Karir Ronaldinho, dari Juara Piala Dunia hingga Pemenang Ballon d'Or

Mengenang Perjalanan Karir Ronaldinho, dari Juara Piala Dunia hingga Pemenang Ballon d'Or

Ronaldinho, Image Credit: @ronaldinho/Instagram--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Ronaldo de Assis Moreira atau yang dikenal sebagai Ronaldinho, adalah salah satu pesepak bola legendaris asal Brazil.

Punya tinggi badan 182 sentimeter, Ronaldinho adalah pemain yang kerap menempati posisi winger selain juga gelandang serang.

Mengawali karir junior dan profesionalnya bersama klub Brazil, Gremio, nama Ronaldinho mulai di kenal di Eropa setelah bergabung dengan Paris Saint germain atau PSG.

(BACA JUGA:Harga Paket Coaching Clinic Ronaldinho di Malang Dibanderol Segini)

Bersama PSG, Ronaldinho hanya bermain sebanyak 55 laga dan mencetak 17 gol antara tahun 2001 hingga 2003.

Di tahun 2002, Ronaldo sukses menjadi bagian Timnas Brazil, menggondol trofi Piala Dunia yang kala itu digelar di Korea dan Jepang.

Namun baru bersama Barcelona nama Ronaldinho mulai benar-benar bersinar. Antara tahun 2003 hingga 2008, pemain yang terkenal akan gocekan mautnya itu menjadi sosok sentral di Barca.

Dari 145 laga yang ia mainkan bersama Blaugrana, Ronaldinho mencetak 70 gol dalam rentang waktu lima tahun.

Sayangnya, Ronaldinho kala itu harus berpisah dengan Barcelona, lantaran dianggap menjadi teladan yang buruk bagi pemain-pemain muda Barcelona.

Kerap berpesta dan keluar malam, membuat Ronaldinho kehilangan konsistensinya di lapangan hijau.

Pada tahun 2008, pemain yang sempat  mengenakan nomor punggung 10 di Barcelona itu, bergabung dengan AC Milan, dan bertahan untuk tiga musim.

Di sepanjang karirnya bersama klub Serie A itu, Ronaldinho memainkan 76 laga, dan mencetak 20 gol, mirip-mirip dengan statistiknya kala masih di PSG.

AC Milan sendiri merupakan klub Eropa yang terakhir dibela Pemain Terbaik Amerika Selatan tahun 2013 itu, sebelum akhirnya berpisah di tahun 2011.

Pemain yang murah senyum tersebut lalu kembali merumput bersama beberapa klub Brazil antara 2011 hingga 2015, Fluminense adalah klub terakhirnya. Ia lalu memutuskan pensiun dari sepak bola di tahun 2018.

Ronaldinho di Ganjar Player Career Award 2021

Tiga tahun setelah pensiun dari dunia sepak bola, eks gelandang Brazil Ronaldinho diganjar dengan sebuah trofi.

Adalah ‘Player Career Award’ yang diberikan Globe Soccer pada legenda hidup Barcelona itu.

Sebagai salah satu pemain terhebat sepanjang masa, Ronaldinho, kini 42 tahun, dianggap layak untuk menerima award bergengsi tersebut.

“Ia adalah salah satu dari hanya delapan pemain, yang mampu memenangkan Piala Dunia, Liga Champions dan Ballon d’Or (2005),” kata Globe Soccer.

“Ia dikenang atas kegembiraan yang ia hadirkan di wajah para fans, dan performa spektakulernya di lapangan. Hari ini ia dianugerahkan ‘Player Career Award’ oleh Globe Soccer,” tulis Globe Soccer di akun resmi Instagramnya akhir 2021 lalu.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: