Sesak Napas dan Ada yang Mengganjal di Tenggorokan? Anda Mungkin Kena GERD

Sesak Napas dan Ada yang Mengganjal di Tenggorokan? Anda Mungkin Kena GERD

GERD, Image oleh Natural Herbs Clinic dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Sesak napas dengan tenggorokan seperti ada yang mengganjal adalah apa yang tengah ada rasakan saat ini.

Tidak cuma itu, Anda juga mengeluhkan perut kembung, yang menyebabkan perasaan tidak nyaman.

Pertanyaannya, apa penyebab sesak napas, tenggorokan seperti ada yang mengganjal, diikuti dengan perut kembung?

Menurut dr. Arrum Putri Amalia, hal ini bisa jadi disebabkan oleh GERD. GERD atau asam lambung adalah ketika katup tenggorokan bagian bawah mengalami pelemahan.

Ketika hal itu terjadi, lanjut dr. Arrum Putri Amalia, isi lambung bisa naik hingga ke kerongkongan.

“GERD dapat disebabkan oleh pola hidup tidak sehat, sering berbaring setelah makan, merokok, berat badan berlebih, dan konsumsi makanan dan minuman pemicu asam lambung naik,” jelas dr. Arrum seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Ia menambahkan jika kambunya GERD, dapat dipicu oleh beberapa kondisi seperti stress, dan kebiasaan makan yang buruk dan tidak teratur.
 
Untuk mengatasi GERD, sambung dr. Arrum Putri Amalia, penderitanya dapat mengkonsumsi obat sakit maag, antasida dan sukralfat adalah beberapa di antaranya.

Jika kedua jenis obat di atas tidak mempan, maka jenis obat yang lebih kuat umumnya akan disarankan dokter untuk dikonsumsi.

Mereka yang menderita GERD selain disarankan memiliki jam makan yang teratur dan rutin, juga diminta untuk meningkatkan frekuensi makan dalam sehari.

Jika biasanya orang makan tiga kali dalam sehari, mereka yang GERD disarankan makan empat hingga lima kali sehari, hanya saja dalam porsi yang lebih kecil.
 
“Namun, jika dengan melakukan beberapa saran tersebut, keluhan masih dialami dan bahkan semakin berat, sebaiknya anda memeriksakan diri secara langsung dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan yang tepat,” tutupnya.

Cara Mengatasi GERD Menurut Pakar Gaya Hidup Sehat ala Islam

"Bahannya yang mudah, murah dan yang penting tidak memberatkan ginjal dengan produk kimia," kata dr. Zaidul akbar seperti dikutip FIN dari Instagram-nya.

Bahan-bahan yang diperlukan:

- Kunyit 2 jari kelingking
- Jahe 2 jari jempol - kayu manis 2 jari kelingking
- Jeniper 1
- Daun sereh 2
- Garam himalaya - madu - air kurleb 300 cc

Cara menyiapkan:

Rebus air sampai mendidih, matikan api terus masukkan bahan jahe, kunyit dan kayu manis.
 
Tunggu hingga hangat, (lalu) pindahkan ke gelas. Tambahkan perasan jeruk nipis (jeniper), garam himalaya sedikit aja dan madu sesuka selera. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: