Uni Eropa Bersiap Diri Hidup tanpa Gas Alam Rusia, Inflasi Risikonya

Uni Eropa Bersiap Diri Hidup tanpa Gas Alam Rusia, Inflasi Risikonya

Ilustrasi produk gas alam, Image oleh Michael Schwarzenberger dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Uni Eropa (UE) tengah merencanakan kehidupan tanpa pasokan gas alam dari Rusia. Demikian seperti dilansir Reuters.

Para pemimpin UE dalam sebuah pertemuan mengingatkan bahwa sudah tidak ada lagi yang Namanya energi murah, dalam hal ini gas alam dari Rusia.

Dalam sebuah pertemuan, para pemimpin Uni Eropa membicarakan soal potensi terjadinya lonjakan harga komoditi, terkait dengan hal ini.

“(Yang jadi perhatian utama kami) adalah masalah inflasi,” kata Presiden Dewan Eropa Charles Michel dalam sebuah pernyataan.

Menurut dia, efek luas dari agresi Rusia kepada Ukraina, telah menyebabkan lonjakan harga makanan, energi dan komoditi di Eropa.

Oleh sebab itu, para pemimpin Uni Eropa disebut telah sepakat untuk berkoordinasi sebagai respon kebijakan ekonomi mereka terhadap kondisi ini.

Sementara itu, Komisi Eropa atau yang dikenal sebagai badan eksekutif Uni Eropa, diminta untuk mencari cara guna mengamankan pasokan gas alam negara-negara Eropa dengan harga yang terjangkau.

Salah satu yang mulai dirasakan beberapa negara Eropa, seperti di Spanyol dan Portugal contohnya, adalah telah terjadinya pembatasan harga gas alam di pasar listrik lokal mereka per Juni 2022 ini.

Jika kondisi ini terus berlangsung, maka yang ditakutkan adalah terkurasnya kas negara-negera Eropa yang terdampak, selain terganggunya pasar energi di kawasan tersebut.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: