Masalah Kesehatan yang Muncul di Area Pantat, Mulai dari Bisul hingga yang Kronis

Masalah Kesehatan yang Muncul di Area Pantat, Mulai dari Bisul hingga yang Kronis

Pantat Sakit saat Duduk, Image oleh Sasin Tipchai dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Ada beberapa masalah kesehatan yang kerap dikeluhkan banyak orang terkait area pantat atau bokong mereka.

Salah satunya adalah benjolan seperti jerawat, namun terlihat kemerahan dan terasa begitu gatal.

Menurut ahli, jerawat yang tumbuh di area pantat ini dinamakan folikulitis.

Penyebab dari folikulitis menurut medis, adalah dikarenakan penyimbatan folikel rambut di area pantat, dipicu oleh matinya sel kulit selain juga karena bakteri.

Jika ini yang terjadi pada Anda, maka dengan sering mengganti celana dalam, dan memastikan area belakang Anda itu selalu kering dan terhindar dari lembab, adalah yang harus Anda lakukan mulai saat ini.

Untuk mengatasi jerawat yang tumbuh di pantat, ahli menyarankan penggunaan krim berbahan zinc untuk mengatasinya. Demikian seperti dilansir Mayo Clinic.

Bisul pantat

Pada kasus yang berbeda, bisul juga dapat tumbuh di area pantat, bahkan hanya membutuhkan satu malam baginya untuk tumbuh.

Salah satu penyebab bisul tumbuh di area bokong menurut ahli, adalah disebabkan oleh penularan dari orang lain.

Jika bukan karena tertular dari orang lain, bisul yang tumbuh di area pantat, menurut Healthline, adalah disebabkan oleh masalah dengan sistem kekebalan tubuh, menyebabkan bakteri penyebab bisul menginfeksi kulit Anda.

Tidak cuma itu, mereka yang menderita diabetes melitus atau diabetes tipe 2, juga kerap dikaitkan dengan bisul di area pantat.

Orang yang memiliki kebiasaan merokok, juga disebut kerap berurusan dengan masalah bisul yang tumbuh di bokokng.

Lainnya bisul yang muncul tiba-tiba di pantat Anda, bisa jadi hanya kerena luka yang terjadi pada permukaan kulit di area tersebut.

Ada Sensasi Mengganjal pada Anus

Selain beberapa masalah di atas, ada juga mereka yang mengeluhkan sesuatu yang mengganjal di area anus.

Menurut dr. Ainul Rohman, hal ini bisa disebabkan beberapa kondisi. Hemorrhoid interna, tumor di area anus, infeksi typhoid fever yang kronis, hingga psikosomatis adalah yang dimaksud.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: