Smart Cabin Hyundai Bisa Cegah Pengemudi Mabuk atau Ngantuk Bawa Mobil Sendiri

Smart Cabin Hyundai Bisa Cegah Pengemudi Mabuk atau Ngantuk Bawa Mobil Sendiri

Smart Cabin, Image Credit: Hyundai--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Mengantuk dan mabuk adalah salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas. Kini, para produsen mobil ingin mencegah hal itu terjadi, dengan mengaplikasikan sebuah teknologi terkini.

Salah satu yang adalah Hyundai Mobis, produsen spare part mobil yang merupakan bagian dari Hyundai Motors.

Untuk mencegah pengemudi mabuk atau mengantuk berkendara dengan mobil mereka, Hyundai menciptakan sebuah teknologi yang mampu memonitor kondisi pengemudinya.

(BACA JUGA:Masih Ingat dengan Mobil Back to the Future, Kini Ada Generasi Barunya Dinamai Alpha5) 

Dengan smart cabin, teknologi yang dimaksud, mobil keluaran Hyundai yang sudah mendukung fitur ini, akan mampu menganalisa kondisi pengemumdi, dengan menggunakan sinyal biometrik.

Dengan mempelajari postur, detak jantung, dan gelombang otak pengemudi, smart cabin akan mampu mengenali layak tidaknya pengemudi mobil, sebelum menjalankan kendaraannya.

Menurut Hyundai, via TechRadar, teknologi ini adalah yang pertama kali diaplikasikan pada kendaraan roda empat.

Menurut Cheon Jae-seung, kepala divisi R&D Hyundai Mobis, fitur smart cabin ini nantinya, tidak hanya akan mencegah pengemudi mabuk atau mengantuk untuk mengendarai kendaraan mereka.

Dengan smart cabin ini, mobile keluaran Hyundai akan mampu mencegah penumpang mengalami mabuk darat, dan memangkas stress.

Untuk memungkinkan hal ini terjadi, Hyundai Mobil menjejali Smart cabin dengan kamera 3D, sensor EKG, sensor ear-set hingga HVAC, untuk mempelajari postur pengemudi, detak jantung mereka hingga gelombang otak pengemudi.

Kerennya lagi, semua sensor ini bekerja secara real time, dan yang kemudian dianalisa oleh system untuk memungkinkan pengalaman berkendara yang aman.

Tidak cuma itu, karena dibekali sensor stress dan EKG, Smart cabin Hyundai ini akan mampu membantu pengemudi untuk mengambil alih kendali mobil, dengan fitur swakemudi, atau memberikan bantuan arah menuju ruang UGD terdekat dalam kasus emergensi, seperti gagal jantung contohnya.

Sony Juga Lagi Sibuk Bikin Mobil Pintar

Menurut TechRadar, Sony bakal menyematkan teknologi PlayStation 5 atau PS5 di dalam mobil listrik ambisius mereka, Vision-S 02.

Namun bukan PS5 fisik, akan tetapi menggunakan teknologi Remote Play, yang memungkinkan layar pada dashboard Vision-S 02, juga layar di bangku penumpang, terkoneksi dengan PS5 di rumah pengguna.

Dalam rilisnya, Sony menyebutkan bahwa center display, dan display bangku penumpang, akan terkoneksi dengan PS5 menggunakan teknologi 5G.

Dengan ini, pemiliki Vision-S 02 akan mampu memainkan game PS5 menggunakan layar besar berkualitas tinggi.

Dari situ bisa diambil kesimpulan bahwa, untuk menghadirkan pengalaman bermain PS5 di kokpit dan bangku penumpang Vision-S 02, juga harus diikuti dengan dukungan koneksi selular yang luar biasa cepat.


DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: