Pilek, Mata Nyeri, Idung Mampet, Ini Daftar Penyakitnya Menurut dr. Talitha

Flu, Pilek, Idung Mampet | Image oleh Alexandr Litovchenko dari Pixabay--

 

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda mengeluhkan pilek yang tidak kunjung sembuh? Tidak cuma itu, selain tenggorkan yang sakit, Anda juga mendapati kondisi ingus disertai dengan darah.

 

Selain beberapa keluhan di atas, Anda juga menyadari bahwa hidung Anda dalam keadaan mampet, membuat tidak nyaman saat bernapas.

.

 

Pertanyaannya, apa yang menyebabkan pilek lama sembuh, hidung mampet dan nyeri di area mata?

(BACA JUGA:Sudah Terlanjur Kena Flu? Gini Cara Mencegahnya agar Tidak Memburuk)

 

Menurut dr. Talitha Najmilah Sabtiarai, keluhan seperti diatas dapat dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan.

 

Mereka yang terkena sinusitis dan rhinitis akut, lanjut dr. Talitha, memang menunjukan beberapa gejala disebut di atas.

 

Selain juga karena COVID, mereka dengan keluhan seperti di atas, bisa jadi, kata dr. Talitha Najmilah Sabtiari, sebenarnya hanya mengalami batuk pilek biasa.

 

Untuk memastikan apa penyebabnya, mereke dengan keluhan seperti di atas, disarankan untuk memeriksakan kondisinya ke dokter THT.

 

Untuk sementara waktu, beristirahatlah yang cukup, minum air hangat, minum air putih2-3 liter per hari, menghirup uap hangat untuk melegakan saluran napas, menghindari merokok, dan mengelola stres dengan baik,” kata dr. Talitha seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Kekebalan Tubuh Orang Beda-beda

Anda adalah tipe orang yang sangat mudah terkena flu dan pilek? Namun Anda juga menyadari bahwa tidak semua orang seperti itu.

Pertanyaannya, apa bedanya antara Anda dengan orang lain?

Well, menurut ahli, ada alasan mengapa sebagian orang rentan kena flu dan pilek, sementara lainnya memiliki daya tahan lebih baik.

Ternyata, alasan itu terletak pada perbedaan gaya hidup pada mereka yang fit, jika dibandingkan mereka yang gampang kena flu dan pilek.

Agar Tidak Gampang Pilek selain Rutin Berolahraga:

Berikut ini alasan mengapa orang mampu bertahan dari flu dan pilek, meski hanya sesekali terken dalam setahun, seperti dilansir laman Grand Parents:

Tertawa

Menurut studi Western Kentucky University, mereka yang tertawa, meski dari tontonan film komedi, memiliki efek terhadap sel NK di dalam tubuh.
Benefitnya adalah membunuh mikroba dan kanker.

Rajin mencuci tangan

Seperti halnya untuk menghindari COVID, kebiasaan mencuci tangan menurunkan risiko ancaman mikroba yang datang lewat tangan.

Vaksinasi

Seperti halnya vaksin COVID, dunia medis sudah sejak lama menyediakan vaksin khusus flu. Vaksin yang dapat digunakan oleh setiap orang dewasa efektif mencegah anda dari flu sebesar 50-60 persen. Vaksin flu adalah salah satu cara terbaik untuk terhindar dari paparan flu dan pilek.

Hindari rokok

Ketika seseorang merokok, hal ini menyebabkan gangguan pada membran mucus, barisan pertahanan terhadap potensi infeksi.
Kebiasaan orang merokok juga menurunkan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.
Tidur yang cukup


Para ahli dari Carnegie Mellon University (CMU) di Pittsburgh mengatakan bahwa, kurang tidur adalah salah satu alasan orang mudah terserang virus dan bakteri penyebab flu dan pilek. Durasi tidur tujuh hingga sembilan jam adalah yang paling dianjurkan.

...

 

 

 

Topik:
Sumber :

BERITA TERKAIT