KBRI Bekerja Sama Dengan BNI Dorong Produk UMKM Ke Negeri K-POP

KBRI Bekerja Sama Dengan BNI Dorong Produk UMKM Ke Negeri K-POP

KBRI Seoul bersama PT Bank Negara Indonesia (Persero)Tbk terus mendorong perdagangan produk Indonesia di Korea Selatan.--

SEOUL, FIN.CO.ID - KBRI Seoul bersama PT Bank Negara Indonesia (Persero)Tbk terus mendorong perdagangan produk Indonesia di Korea Selatan. 

Dalam rangka ini KBRI Seoul, BNI, Kementerian Perdagangan memboyong produk-produk UMKM binaan BNI dalam event Imported Goods Fair (IGF) 2022. Langkah ini diharapkan dapat terus mendorong kinerja transaksi ekspor Indonesia. 

(BACA JUGA:Rupiah Ditutup Menguat, Bank Indonesia Pertahankan Suku Bunga Acuan)

Ajang pameran yang diselenggarakan pada 23-25 Juni 2022 di Coex Seoul ini merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Korea Importers Association (KOIMA). Event ini untuk bertujuan mendukung produsen dan supplier luar negeri untuk mempromosikan produk-produk kepada importir dan konsumen di Korea Selatan. 

Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) antara BNI dengan KOIMA yang dilakukan oleh Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies dengan Executive Vice Chairman KOIMA Kim Young-Sun. 

Penandatanganan MOU ini mencakup kerjasama dalam program business matching dan pertukaran informasi yang berhubungan dengan eksportir Indonesia dan importir Korea Selatan. Acara ini disaksikan oleh Duta Besar RI untuk Republik Korea Gandi Sulistiyanto serta Chairman & CEO KOIMA Kim Byung-Kwan. 

Pada event IGF tahun ini, Paviliun Indonesia membawa mitra UMKM binaan BNI dalam program Xpora untuk berpartisipasi dan mempromosikan produk-produk unggulan seperti mebel dan dekorasi kayu, perhiasan perak dan mutiara hingga kopi dan produk makanan.

(BACA JUGA:iPhone 14, Pake OLED dari Samsung, Kamera Selfie dari LG?)

Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies mengungkapkan Negeri K-Pop ini memiliki potensi pasar yang besar bagi produk UMKM Indonesia mengingat 82% penduduk Korea Selatan tinggal di perkotaan dan memiliki usia harapan hidup terpanjang. 

Sepanjang Januari–Mei 2022, untuk BNI sendiri pun telah berhasil mencatatkan pertumbuhan volume transaksi ekspor yang sangat baik, dengan pertumbuhan tahunan sebesar 30,62%. 

"Dengan adanya kerjasama BNI dengan KOIMA kami mengharapkan BNI dapat menjadi pintu gerbang pagi perusahaan Indonesia untuk masuk ke pasar Korea Selatan yaitu dengan secara langsung mempertemukan dengan importirnya, sekaligus menguatkan peran kami sebagai bank global asal Indonesia," pungkas Corina Leyla Karnalies.

Kerja sama KBRI, BNI, dan Kementerian Perdagangan dalam event IGF 2022 ini akan memberikan dampak langsung kepada nasabah Xpora. Terlebih, BNI mulai menerima banyak permintaan dari anggota KOIMA untuk melakukan business matching selama pameran.

(BACA JUGA:Kebijakan Baru, Dengan Satu KTP Warga Dapat Beli Minyak Goreng Curah Sebanyak 10 liter)

BNI pun telah bekerjasama dengan Kedutaan Besar Indonesia di Korea Selatan dan juga Kementerian Perdagangan untuk terus menggali potensi pasar di Korea Selatan, termasuk dengan mendorong kolaborasi bersama diaspora. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: