Penuh Tantangan, 13 Terowongan kereta cepat Jakarta-Bandung Telah Tersambung

Kereta Cepat.--(dok. KCIC)

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Proyek terowongan terpanjang kereta cepat Jakarta-Bandung tunnel 2 di Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, telah rampung.

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyatakan, selesainya proyek terowongan kereta cepat Jakarta-Bandung ini menandakan bahwa 13 terowongan kini telah tersambung.

.

(BACA JUGA:Peringati 57 Tahun, Momentum Telkom Tingkatkan Kolaborasi dan Kontribusi untuk Indonesia )

Direktur KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, keberhasilan ini merupakan suatu pencapaian yang penting.

"Ini adalah salah satu milestone yang terpenting dalam proses penyelesaian proyek kereta cepat Jakarta Bandung. Hari ini, kami breakthrough tunnel 2," ujarnya, Selasa, 21 Juni 2022.

Proyek terowongan kereta cepat Jakarta-Bandung ini berhasil diselesaikan pada 17 Juni 2022 lalu.

Pengerjaan tunnel 2 sepanjang 1.040 meter ini menjadi salah satu titik konstruksi yang mempunyai tantangan tinggi karena berada di tanah lempung atau clay shale.

(BACA JUGA:Jasa Marga Kejar Target Konstruksi Tol Gedebage-Cilacap Dimulai Triwulan II Tahun 2023)

...

Menurutnya, jenis tanah tersebut mempunyai karakteristik yang mudah lapuk apabila terekspos saat penggalian.

Sehingga, lanjut Dwiyana, itu akan berpotensi menimbulkan pergerakan konstruksi timbunan maupun jalan yang terdapat di atasnya.

Tanah lempung tersebut tergolong ekstrem karena jika terekspos air dan udara dapat mengurangi hingga 80 persen daya dukung tanah.

"Tunnel 2 ini adalah salah satu obstacle terberat dalam pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung karena kondisi geologi yang dipenuhi oleh clay shale," jelasnya.

(BACA JUGA:Pemerintah Mulai Bangun Infrastruktur Dasar di IKN Pada Agustus 2022)

KCIC melakukan beberapa mitigasi dengan menambah galian yang semula dua titik menjadi empat titik.

Topik:
Sumber :

BERITA TERKAIT