BNI Gandeng Perusahaan Diaspora Indonesia di Hong Kong, Dorong UMKM Jawa Barat Tembus Pasar Global

BNI Gandeng Perusahaan Diaspora Indonesia di Hong Kong, Dorong UMKM Jawa Barat Tembus Pasar Global

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Kusmana Hartadji, Pemimpin BNI Wilayah 04 Bandung Maya Agustina, Perwakilan Forever Harvest Co., Ltd Agus Mubarok, dan Direktur Treasury dan Internasional BNI Henry Panjaitan pasca penandatanganan -dok-BNI

JAKARTA, FIN.CO.ID - Tren pertumbuhan ekonomi global yang kembali menguat di tahun 2022 dan seiring kondisi pandemi Covid-19 global yang semakin terkendali.

PT Bank Negara Indonesia (Persero)Tbk. atau BNI (kode saham BBNI) terus memperkuat memperkuat global capabilities di era next-normal, salah satunya melalui ekspansi kemitraan dan pengembangan kapasitas debitur UMKM berorientasi Ekspor-Impor. 

Teranyar, BNI menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan PT. Forever Harvest Success, yakni perwakilan perusahaan perusahaan Diaspora Indonesia di Hong Kong yang merupakan supplier wholesale dari 80 (delapan puluh) toko ritel rekanan di Hong Kong, yakni Forever Harvest Co., Ltd. 

(BACA JUGA:BNI Dorong Pertumbuhan KUR)

Penandatanganan dilaksanakan oleh Pemimpin BNI Wilayah 04 Bandung Maya Agustina dan perwakilan Forever Harvest Co., Ltd Agus Mubarok dan disaksikan Direktur Treasury dan Internasional BNI Henry Panjaitan di Bandung, Selasa (21/6/2022). 

Penandatanganan MoU ini dibarengi dengan acara webinar BNI Regional Trade Talk Series di Kantor Wilayah 04 Bandung dengan mengusung tema “UMKM Go Global: How to be an Excellent Exporter & Optimizing Global Market Opportunity”. 

Dalam acara BNI Regional Trade Talk Series – Wilayah Bandung ini, BNI menghadirkan para narasumber ahli antara lain Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan & Humas Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat Fino Vianto, Kepala Dinas Perindustrian & Perdagangan Jawa Barat Iendra Sofyan. 

(BACA JUGA: Dorong Ekspor UMKM Daerah, BNI Lanjutkan Regional Trade Talk Series)

Ada pula Senior Advisor ICC Indonesia Haryadi Sarpini, Tenaga Ahli Bidang Implementasi Hasil Perjanjian Perdagangan Internasional Ponirin Sugito, dan Perwakilan Forever Harvest Co., Ltd (Perusahaan Diaspora Indonesia di Hong Kong). 

Narasumber tersebut memaparkan beragam strategi dan kiat sukses bagi para pelaku UMKM Jawa Barat dalam upaya mengoptimalisasi peluang bisnis untuk menembus pasar global. 

Direktur Treasury dan Internasional BNI Henry Panjaitan menyampaikan perseroan adalah bank pemerintah yang telah mendapat mandat untuk Go Global. 

Berbagai upaya untuk memperluas basis pasar dilakukan untuk dapat memberi nilai tambah bagi ekonomi nasional sekaligus pelaku UMKM yang menjadi tulang punggung ekonomi. 

Sepanjang Januari-Mei 2022, BNI pun telah berhasil mencatatkan pertumbuhan volume transaksi ekspor yang sangat baik, dengan persentase peningkatan secara year-on-year sebesar 30,62 persen. 

Menurut Henry, inisiatif kerja sama dengan Forever Harvest Success merupakan salah satu langkah strategis guna mengoptimalisasi daya saing para pelaku UMKM berorientasi ekspor khususnya di Jawa Barat. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: