Bahaya Banyak Ngopi bagi Penderita Diabetes, Efeknya ke Saraf dan Ginjal

Bahaya Banyak Ngopi bagi Penderita Diabetes, Efeknya ke Saraf dan Ginjal

Kopi, Image oleh Soner Köse dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda pecinta kopi pastinya sudah pernah mendengar dong manfaat minum kopi untuk kesehatan, salah satunya untuk menurunkan risiko diabetes di kemudian hari.

Akan tetapi  menurut ahli, via Halodoc, manfaat kopi untuk mencegah risiko diabetes itu masihlah diperdebatkan.

karena menurut pendapat lain, minum kopi juga ternyata tidak dianjurkan untuk mereka yang punya penyakit gula atau diabetes.

(BACA JUGA:Agar Aman, Ini Batasan Minum Kopi untuk Penderita Darah Tinggi Menurut Dokter)

Seperti dilansir Alodokter, beberapa studi menunjukan bahwa minum kopi dalam jumlah yang banyak, dalam hal ini empat cangkir atau lebih dalam satu hari, dapat menyebabkan lonjakan pada kadar gula dalam darah.

Usut punya usut, hal ini ternyata ada hubungannya dengan efek kafain yang dikandung kopi, terhadap kinerja insulin di dalam tubuh.

Ketika hormon yang fungsinya mengubah gula menjadi energi ini mengalami gangguan, maka mereka yang diabetes akan semakin sulit untuk mengontrol kadar gula dalam darahnya.

Yang dikhawatirkan ketika kadar gula tak terkontrol, maka komplikasi diabetes seperti rusaknya saraf dan ginjal ditakutkan sulit untuk terhindarkan.

Kendati demikina, para ahli masih berpendapat bahwa bahaya akan konsumi kopi terhadap penderita diabetes ini masih perlu untuk dipelajari lebih mendalam lagi.

Intinya adalah, bagi mereka yang menderita diabetes, tidak disarankan untuk minum kopi lebih dari dua cangkir dalam sehari.
 
Pengganti Gula untuk Kopi

Ingin meninggalkan kebiasaan Anda minum gula bareng dengan kopi, menurut pakar kopi Abdul Azis, pakar kopi dari Anomali Coffe, hal ini bisa saja disiasati secara perlahan.

Caranya tentu, kata Abdul Azis, via Antara, adalah dengan mengurangi kadar gula yang Anda dapat dari ngopi, hingga pada akhirnya Anda tidak berlebihan mengkonsumsinya.

Namun bagi mereka yang sulit menghentikan hobi minum kopi tanpa mencicipi rasa manis, kata Azis, hal ini bisa diatasi dengan penggunaan bulan pemanis alami, stevia.

Stevia sendiri menurut Alodokter adalah “Pemanis dan pengganti gula yang diekstrak dari daun tanaman Stevia rebaudiana. Stevia terasa manis berkat kandungan steviol glycosides yang ada di dalamnya”.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: