Pertumbuhan Ekonomi Banten Jadi Sorotan DPR

Pertumbuhan Ekonomi Banten Jadi Sorotan DPR

Warga Baduy Luar, Banten saat berada di depan rumahnya. --

JAKARTA, FIN.CO.ID - Komisi XI DPR RI menyoroti tiga hal dalam kunjungan kerja spesifik ke Kantor Kementerian Keuangan Perwakilan Provinsi Banten. 

Yaitu kinerja penerimaan perpajakan, capaian industri Kawasan Berikat, dan pemanfaatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Banten.

(BACA JUGA:Turun di Ajang Street Race Bangun Motor Hingga 80 Juta, Pembalap: Namanya Udah Hobi)

“Secara nasional, penerimaan perpajakan bersumber dari penerimaan pajak realisasinya hingga akhir April 2022 tercatat sebesar Rp567,69 triliun atau telah mencapai 44,88 persen terhadap target pada APBN 2022,” ujar Anggota Komisi XI DPR RI Andreas Eddy Susetyo, dikutip Minggu, 18 Juni 2022.

Di sisi lain, realisasi penerimaan pajak tersebut tumbuh 51,49 persen (year of year). Secara nominal, capaian penerimaan pajak terutama berasal dari penerimaan Pajak Penghasilan (PPh) Non-Migas dan Pajak Pertambahan Nilai serta Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPN/PPnBM), di mana masing- masing kontribusinya terhadap total penerimaan pajak sebesar 60,33 persen dan 33,84 persen.

“Selain itu, Kawasan Berikat juga merupakan salah satu sektor yang dapat membantu meningkatkan perekonomian Indonesia karena dapat memudahkan proses produksi barang maupun industri,” ujar Anggota Fraksi PDI-Perjuangan DPR RI tersebut.

Dalam mendorong laju ekspor nasional, Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) dinilai telah menambah penerima fasilitas kawasan berikat dengan berbagai program fasilitas untuk memudahkan terlaksananya ekspor. 

(BACA JUGA:Kisah Sudirman, Si Tukang Pulsa Naik Haji Berbekal Nabung Rp20 Per Hari: Gak Nyangka...)

Melalui kawasan berikat, para pelaku usaha akan memperoleh fasilitas fiskal dan non fiskal, antara lain penangguhan pembayaran bea masuk, tidak dipungut pajak impor, dan percepatan pengeluaran barang impor dari pelabuhan.

“Melalui Kunjungan Kerja Spesifik Komisi XI DPR RI di Provinsi Banten hari ini, diharapkan dapat mendapatkan informasi pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Keuangan di Provinsi Banten sampai dengan Juni 2022 ini,” tutupnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: