Penyebab Nyeri Punggung Menjalar hingga ke Kaki, Ini Kata Dokter

Penyebab Nyeri Punggung Menjalar hingga ke Kaki, Ini Kata Dokter

Nyeri Punggung, Image oleh Tumisu dari Pixabay--

FIN.CO.ID - Anda seseorang yang tengah mengeluhkan rasa nyeri di tulang belakang, yang mana nyeri itu menjalar ke area kaki.

Pertanyaannya, kondisi apa yang bisa menyebabkan rasa nyeri yang Anda keluhkan di punggung hingga ke kaki itu?

Menurut dr. Talitha Najmillah Sabtiari cedera otot dan saraf kejepit bisa dikaitkan dengan kondisi rasa nyeri punggung yang mengganggu.

Jika bukan dua di atas, stenosisi tulang belakang mungkin yang jadi alasan, mengapa punggung Anda terasa nyeri, bahkan menjalar hingga ke kaki.

Adapun alasan mengapa beberapa kondisi di atas sampai dialami orang, adalah kaitannya dengan faktor aktifitas fisik mereka, mulai dari yang ringan hingga berat.

“(Selain itu) postur tubuh, gaya hidup, konsumsi obat-obatan, dan lainnya (bisa menjadi penyebabnya),” jelas dr. Talitha Najmillah Sabtiari.

Untuk mereka yang mengeluhkan nyeri punggung seperti di atas, konsultasi dengan dokter spesialis saraf sangatlah dianjurkan, guna menentukan penyebab keluhan mereka.

“Dokter (saraf) akan menanyakan riwayat keluhan secara lengkap, melakukan pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang yang relevan seperti pemeriksaan CT Scan atau MRI sehingga dokter dapat menentukan penyebab kondisi yang Anda alami dan memberikan terapi yang sesuai”.

Sementara waktu untuk meredakan rasa nyeri punggu, bisa dipraktekan tips berikut ini:

•    Cukuplah beristirahat selain membatasi aktifitas untuk beberapa waktu ke depan
•    Rutin merenggangkan tubuh baik pagi dan malam hari
•    Juga rutin berolahraga
•    Gunakan perban elastis di area terdampak untuk memberikan kompresi.

Penyebab Nyeri Pinggang hingga Lutut

Menurut Dr. Riska Larasati, mereka dengan keluhan nyeri pinggang dan lutut mungkin punya masalah dengan salah satu organ tubuhnya, dalam hal ini ginjal.

"Dari keluhan yang dirasakan berupa nyeri pinggang tersebut kemungkinan dapat berasal dari organ ginjal," kata dr. Riska Larasati.

"Kemungkinan keluhan nyeri atau sakit pinggang yang dirasakan dapat disebabkan oleh gangguan pada saluran kemih atau ginjal," sambungnya.

Menurut dr. Riska, nyeri di area pinggang, apalagi jika ditemani dengan rasa tidak nyaman dan mual, juga bisa disebabkan oleh keberadaan batu pada saluran kemih.

Kunjungan ke ruang dokter atau IGD sangat dianjurkan, apabila rasa nyeri di rasa sudah terlalu berat untuk ditahan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: