Tingkatkan Ekspor Nasional, Ini yang Dilakukan Bea Cukai pada Pelaku UMKM

Tingkatkan Ekspor Nasional, Ini yang Dilakukan Bea Cukai pada Pelaku UMKM

Petugas Bea Cukai selalu mendampingan UMKM dalam upaya meningkatkan ekspor Nasional-dok-bea cukai

“Porang merupakan komoditas pertanian unggulan di Indonesia, tetapi ada komoditas porang dengan batasan tertentu yang dilarang ekspornya, sebagaimana diatur dalam Lampiran I Permendag 18 tahun 2021. Hal ini menyebabkan komoditas porang di luar batasan tersebut, menjadi barang yang bebas ekspor tanpa pengaturan lartas. Pelarangan ekspor porang tertentu ini didasari pertimbangan agar nilai tambah komoditi porang yang begitu besar tidak dinikmati di luar negeri, tetapi dapat dimanfaatkan demi kemakmuran para petani porang di Indonesia. Untuk itu, Bea Cukai siap mendukung penuh kegiatan ekspornya dengan tetap mengawasi pelaksanaanya agar tetap sesuai dengan aturan yang berlaku. Kendala atau permasalahan kami harap agar dapat selalu dikomunikasikan, baik dengan Bea Cukai atau kementerian lembaga lain untuk mendapatkan solusi,” katanya. 

Melalui FGD tersebut, Hatta berharap semua pihak yang terlibat dalam eksportasi porang dapat memiliki pemahaman bersama atas ketentuan perundang-undangan di bidang ekspor komoditas porang ini, dan agar eksportir dapat mengoptimalkan fasilitas ekspor yang ada sehingga hasil panen petani porang dapat diserap maksimal dan mampu meningkatkan perekonomian para petani porang di Jawa Tengah.

Penggalian potensi ekspor UMKM juga dilakukan Bea Cukai Kediri dengan menyelenggarakan kegiatan “Ngobrol Santai dan Bazar Produk UMKM”, sebagai dukungan upaya UMKM di Kediri, yaitu Paguyuban Kelud Mandiri dalam mengembangkan produk UMKM mereka. Menurut Hatta koordinasi dan pelaksanaan kegiatan seperti itu penting guna mengetahui hambatan para pelaku usaha menuju pasar dunia. Dengan demikian diharapkan Bea Cukai mampu memberikan fasilitas maksimal terhadap upaya ekspor UMKM.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: