Dorong Sektor Perdagangan, Mendag Ekspansi Pasar Ekspor Melalui Good Design

fin.co.id - 17/06/2022, 08:11 WIB

Dorong Sektor Perdagangan, Mendag Ekspansi Pasar Ekspor Melalui Good Design

GDI merupakan salah satu sarana Kementerian Perdagangan untuk mendorong kemajuan perekonomian dan kesejahteraan rakyat melalui pengembangan sektor perdagangan, terutama ekspansi pasar ekspor.

JAKARTA, FIN.CO.ID-  Kementerian  Perdagangan  melalui  Direktorat  Jenderal  Pengembangan Ekspor Nasional  berkomitmen   terus   mendorong   sektor   perdagangan,   salah   satunya  dengan ekspansi  pasar  ekspor  melalui  program  Good  Design  Indonesia  (GDI)  yang  digelar  sejak  tahun 2017.

Pada program GDI tahun ini, sebanyak 62 produk kini memasuki tahap penjurian ke-2 yang berlangsung  selama  dua  hari  yaitu  pada  16—17  Juni  2022,  yang  sebelumnya  telah  dilakukan verifikasi fisik produk/karya.

“GDI bukan sekadar ajang penghargaan semata yang diberikan  kepada  desainer  dan  pelaku usaha. GDI diharapkan dapat mendorong kemajuan perekonomian, melalui pengembangan sektor perdagangan  terutama  ekpansi  pasar  ekspor,”ujar  Direktur  Jenderal  Pengembangan  Ekspor Nasional Didi Sumedi.

Sementara  itu,  Direktur  Pengembangan  Produk  Ekspor  Nasional  Miftah  Farid  menyampaikan  tim juri  akan  memilih  dari  62  produk  yang  dinilai  memiliki  potensi  untuk  dikembangkan  lebih  lanjut pasar  ekspornya. 

“Produk-produk  pemenang  GDI  perlu  diseleksi  secara  cermat  untuk  memenuhi kebutuhan konsumen global saat ini. “Hal ini sesuai dengan tema besar GDI yaitu ‘Gateway Towards Global Markets’,”ungkap Miftah.

Menurut  Miftah,  nantinya  akan  terpilih  produk-produk  yang  layak  dianugerahkan  penghargaan GDI  2022  dalam  tiga  predikat,    yaitu Good Design, GDI Best, dan GDI of The Year. ‘Good Design’ adalah  predikat  bagi  produk-produk  yang  telah  memenuhi  semua  kriteria  yang  ditetapkan  juri. 

‘GDI Best’ disandangkan bagi produk-produk  dengan  kualifikasi excellentyang  dinilai  kreatif, bernilai  komersial  di  pasar  global,  serta  berdampak  positif  terhadap  lingkungan  dan  komunitas lokal.

Pemenang  GDI  Best  diharapkan  dapat  mewakili  dari  seluruh  17  kategori  GDI  2022,  antara  lain accessories  &  wearable(aksesori  yang bisa dipakai  seperti  kacamata,  jam,  dan  dompet); wellness &  massage  items(barang  kesehatan  seperti  produk  relaksasi,  alat  fitnes,  dan  alat  mandi); stationery  &  hobby (alat  tulis  dan  hobi  seperti  peralatan  tulis,  alat  gambar,  dan  buku  catatan); serta household    goods (perlengkapan    rumah    tangga seperti    barang    keperluan    dapur, perlengkapan tidur, dan perlengkapan darurat/emergency kit). 

Sedangkan  GDI  of  The  Year  yang  merupakan  gelar  tertinggi  dianugerahkan  kepada  salah  satu produk penerima GDI Best yang telah dikurasi lebih lanjut. 

Miftah  menjelaskan,  produk  pemenang  GDI  nantinya  akan  diberikan  logo  GDI. Selain sebagai tanda  penghargaan,  logo  GDI  juga  berfungsi  sebagai  simbol  jaminan  kualitas  produk  terbaik berstandar global, sehingga mempermudah terbukanya akses pasar bagi produk-produk Indonesia ke mancanegara.

Kemendag  akan  terus  mendorong  berbagai  upaya  promosi  agar  produk-produk  pemenang  GDI  mendapatkan  peluang  pasar  baru  di  pasar  ekspor.

“Terpilihnya para pemenang  GDI  2022  yang  ditetapkan  oleh  tim  juri  diharapkan  dapat  menjadi  peluru-peluru  baru untuk semakin memperkuat posisi Indonesia di peta perdagangan internasional,”tutur Miftah.

Admin
Penulis