Indonesia Bahas Kerjasama Produksi Vaksin dan Barang Elektronik dengan Jerman

Indonesia Bahas Kerjasama Produksi Vaksin dan Barang Elektronik dengan Jerman

Ilustrasi produksi vaksin--(fernando zhiminaicela/Pixabay)

Terkait pengembangan Industri 4.0, dalam penyelenggaraan Hannover Messe 2022 lalu, telah ditandatangani MoU antara Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dengan Deutsche Messe Technology Academy (DMTA) di bidang pengembangan SDM industri dan transformasi Industri 4.0.

“Kerja sama ini diharapkan dapat mendukung pengembangan Smart Industry Academy di Indonesia,” jelas Menperin.

PIDI 4.0 menjalankan lima pilar untuk mewujudkan visi menjadi solusi satu atap penerapan Industri 4.0. Pertama, sebagai showcase center untuk menunjukkan bagaimana teknologi dapat menciptakan efisiensi dan peningkatan produktivitas.

Pilar kedua adalah capability building yang merupakan sarana peningkatan kompetensi bagi top level management, manajer, insinyur, dan pekerja dari industri.

Pilar Ketiga adalah ekosistem yang membangun dan menyediakan akses ke jaringan eksklusif ekosistem Industri 4.0. Pilar keempat sebagai delivery center untuk pendampingan bagi perusahaan dalam proses transformasi. Sedangkan pilar kelima adalah engineering dan AI center yang menyelenggarakan research brokerage dan testbed.

Pada 2023 Indonesia kembali menjadi partner country Hannover Messe 2023, setelah pada tahun 2021 juga menjadi partner country: Digital Edition. Menperin menyampaikan, Indonesia akan tampil lebih maksimal dari tahun sebelumnya karena kondisi pandemi global sudah membaik.

Peran Indonesia sebagai partner country Hannover Messe 2023 meningkatkan kerja sama antara Indonesia dan Jerman, serta nation branding Indonesia sebagai salah satu kekuatan ekonomi dunia dan pemain manufaktur global.

“Dalam perhelatan tersebut, Indonesia akan mengangkat isu berkelanjutan dari peta jalan Making Indonesia 4.0,” ujarnya.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: