Begini Kronologi Zulkifli Hasan Ditunjuk dan Dilantik Jadi Mendag

Begini Kronologi Zulkifli Hasan Ditunjuk dan Dilantik Jadi Mendag

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 15 Juni 2022.- Indra Arief-ANTARA

JAKARTA, FIN.CO.ID - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan resmi menduduki jabatan Menteri Perdagangan (Mendag).

Zulkifli menjabat Mendag setelah dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu, 15 Juni 2022 siang.

Usai dilantik dia pun menceritakan kronologinya diminta menjadi Mendag di Kabinet Indonesia Maju.

(BACA JUGA:Zulkifli Hasan Ditarget Selesaikan Persoalan Minyak Goreng: Background Pengalaman Saya Panjang )

Dikatannya, awalnya dirinya diminta untuk datang ke Istana Negara, pada Selasa, 14 Juni 2022 malam.

"Semalam (Selasa, 14/6), pukul 18.00 WIB (saya dihubungi). Lalu, saya pukul 19.00 WIB diminta kemari. Jadi, pukul 19.00 WIB saya datang ke sini," katanya di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 15 Juni 2022.

Kedatanganya ke Istana malam itu, dirinya dan Presiden Jokowi berdiskusi selama kurang lebih satu jam.

(BACA JUGA:Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto Dilantik Jadi Menteri Siang Ini)

"Dimana Bapak Presiden kasih tugas, kami diskusi sampai pukul 20.00 WIB, pukul 21.00 WIB di rumah dinas teman-teman banyak mempersiapkan segala sesuatu. Terus, tadi pagi diundang pelantikan. Undangannya pukul 11.00 WIB, jadi pukul 12.00 WIB saya sampai sini, (kemudian) diajak makan siang dipimpin Bapak Presiden, ketua-ketua partai di sana, terus pelantikan, selesai," cerita Zulkifli.

Ketua MPR 2014-2019 itu mengatakan dia akan segera melaksanakan serah terima jabatan (sertijab) di Kementerian Perdagangan. Setelah sertijab, Zulkifli mengaku ingin segera membereskan masalah minyak goreng.

"Salah satu contoh, ya, kan minyak goreng subsidi itu, (misalnya) pakai mobil besar, tentu tidak mudah; tapi saya dengar terakhir sudah dibikin kemasan walaupun kemasan sederhana. Itu saya usul sebulan yang lalu. Saya ketemu beberapa kawan, saya mengatakan 'Ya kalau pakai tangki susah, sulit, dan itu bisa bocor banyak; tapi kalau dikasih bisa sampai ke mana-mana, tinggal nanti distribusi dan yang berhak'," ungkapnya.

Dengan cara tersebut, menurut dia, masyarakat dapat memperoleh akses ke minyak goreng subsidi dengan lebih mudah.

"Kasih saya kesempatan, (saya) mau belajar tapi belajar cepat karena pengalaman saya kan 20 tahun. Saya kira satu hari lihat sebentar, mudah-mudahan bisa langsung," tambahnya.

Rabu, Presiden Joko Widodo melantik dua menteri baru dan tiga wakil menteri untuk Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara Jakarta. Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 64/P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: