Ragam . 22/05/2025, 16:28 WIB
fin.co.id – Masyarakat saat ini membutuhkan layanan publik yang cepat, transparan, mudah diakses, dan responsif.
Proses administrasi yang berbelit terasa sudah tidak relevan lagi, sehingga pemerintah semakin gencar melakukan digitalisasi di berbagai sektor pelayanan.
Salah satu langkah inovatif dalam digitalisasi adalah pemanfaatan solusi digital berbasis omnichannel, seperti Omni Communication Assistant (OCA) yang dikembangkan oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom).
Digitalisasi dipercaya mampu meningkatkan efisiensi, aksesibilitas, dan transparansi dalam berbagai aspek pemerintahan.
Sistem digital membantu masyarakat untuk mendapatkan akses layanan kapan saja tanpa harus datang ke kantor, sehingga mengurangi antrian dan mempercepat proses administratif.
Masyarakat yang sebelumnya acap kesulitan memperoleh informasi mengenai layanan administratif, regulasi, atau program pemerintah, kini bisa mudah mengakses informasi di berbagai platform komunikasi.
Dampaknya, tentu saja akan meningkatkan transparansi dan keterjangkauan layanan.
Selain itu, digitalisasi juga memungkinkan integrasi data dan komunikasi antar instansi, sehingga proses operasional dan layanan menjadi lebih efektif, terorganisir, dan transparan.
Dengan informasi yang dapat diakses secara real-time, memungkinkan masyarakat melacak status permohonan mereka dengan mudah.
Di sisi lain, sistem digital juga mempermudah pengelolaan pengaduan dan meningkatkan responsivitas pemerintah terhadap kebutuhan warga.
Selain akses informasi, solusi omnichannel untuk pemerintah juga sangat berperan dalam meningkatkan efektivitas pengaduan masyarakat.
Tidak sedikit instansi pemerintah yang sebelumnya kewalahan dalam menangani pengaduan karena sistem yang tidak terorganisir.
Dengan OCA yang mengintegrasikan semua laporan dalam satu dashboard terpusat, jumlah pengaduan yang berhasil ditangani pada beberapa instansi meningkat drastis, bahkan ada yang mencapai 33.192%.
“Kami terus menghadirkan solusi digital yang bermanfaat bagi pengguna dan masyarakat luas. Salah satunya adalah solusi komunikasi OCA yang mendukung instansi dalam meningkatkan kualitas layanan publik, sehingga aduan masyarakat dapat ditanggapi dengan cepat dan tepat,” ujar EVP Digital Business & Technology Telkom Komang Budi Aryasa.
OCA juga telah membantu beberapa instansi pemerintah dalam meningkatkan koordinasi dan operasional internal.
PT.Portal Indonesia Media
Alamat: Graha L9 Lantai 3, Jalan Kebayoran Lama Pal 7 No. 17, Grogol Utara, Kebayoran Lama, RT.7/RW.3 Kota Jakarta Selatan 12210
Telephone: 021-2212-6982
E-Mail: fajarindonesianetwork@gmail.com