Dukung Asta Cita, Brantas Abipraya Perkuat Ekonomi Rakyat Lewat UMK Binaan

fin.co.id - 21/05/2025, 15:29 WIB

Dukung Asta Cita, Brantas Abipraya Perkuat Ekonomi Rakyat Lewat UMK Binaan

Dukung Asta Cita, Brantas Abipraya Perkuat Ekonomi Rakyat Lewat UMK Binaan

fin.co.id - Sebagai bagian dari program nasional untuk memperkuat sektor Usaha Mikro Kecil (UMK), lewat Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Brantas Abipraya (Persero) yakni program Abipraya UMK Naik Kelas, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Konstruksi ini memberdayakan UMK melalui pelatihan produk, manajemen keuangan, dan penyediaan peralatan usaha ramah lingkungan untuk meningkatkan kualitas, daya saing, dan mengurangi dampak perubahan iklim.

Program UMK Naik Kelas ini berkontribusi pada pengembangan UMK yang berkelanjutan dengan memberikan keterampilan praktis yang dapat digunakan jangka panjang, serta dukungan untuk meningkatkan kapasitas produksi dan pengelolaan keuangan secara mandiri,” imbuh Dian Sovana, Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya.

Ditambahkan Dian Sovana, saat ini Brantas Abipraya memiliki enam UMK yang sedang dibina, diantaranya Hanenda Craft yaitu anyaman dari Yogyakarta dan Boyolali; Plasticplay yaitu produk daur ulang sampah; Ecotouch Tunik, daur ulang limbah tekstil; Garva Parfum, parfum produk lokal dari Malang, Jawa Timur; Finarco, difuser dari Bandung, Jawa Barat; dan Keripik

Singkong hasil UMK dari Bandung, Jawa Barat. Kesemuanya masuk dalam program UMK Naik Kelas, dengan target lima tahun ke depan mitra binaan BUMN ini dapat meningkatkan kapasitas, optimalisasi kinerja, akses new market dan berinovasi.

Salah satu bentuk komitmen untuk naik kelas adalah dengan adanya Gallery UMK & Craft Abipraya yang telah diresmikan pada 1 Agustus 2024. Di galeri ini, barang-barang dari UMK binaan Abipraya dipamerkan dan sebagai wadah mempromosikan produk-produk UMK binaan.

“Galeri ini menampilkan berbagai produk unggulan dari UMK, mulai dari kerajinan tangan hingga makanan dan minuman, yang dapat langsung dibeli oleh pelanggan dan tamu. Dengan adanya gallery ini, kami berupaya memperluas eksposur produk UMK binaan dan mendukung peningkatan pendapatan UMK,” imbuh Dian Sovana, Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya.

Untuk semakin memudahkan akses ke produk UMK binaan, Brantas Abipraya juga menyediakan vending machine yang diisi dengan berbagai pilihan makanan dan minuman dari UMK binaan BUMN ini. Inisiatif ini tidak hanya memperluas distribusi produk tetapi juga menghadirkan solusi pemasaran yang lebih modern dan mudah dijangkau.

“Sejalan dengan SDG’s (Sustainable Development Goals), melalui TJSL Brantas Abipraya berperan aktif meningkatkan produktivitas ekonomi yang lebih tinggi dengan diversifikasi peningkatan inovasi teknologi, termasuk melalui fokus pada sektor yang memberi nilai tambah tinggi dan padat karya,” tutup Dian Sovana, Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya.

Ari Nur Cahyo
Penulis