fin.co.id - Kementerian ATR/BPN terus berupaya meningkatkan kualitas layanan pertanahan kepada masyarakat.
Salah satu upaya terbaru adalah Pelayanan Tanah Akhir Pekan (PELATARAN) yang telah dilaksanakan di Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Sidoarjo pada Minggu, 12 Januari 2025.
Program ini memberikan akses layanan pertanahan pada akhir pekan, memudahkan masyarakat yang tidak memiliki waktu pada hari kerja.
Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN), Ossy Dermawan, memimpin langsung tinjauan terhadap pelaksanaan PELATARAN tersebut.
Baca Juga
- Kementerian ATR/BPN Tinjau PELATARAN di Sidoarjo, Wamen Ossy: Meningkatkan Layanan Pertanahan untuk Masyarakat
- Bantu Pengrajin Lokal, Gedung Bupati Tangerang Jadi Tempat Promosi Produk UMKM
Dalam kesempatan itu, Ossy menyampaikan komitmennya untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
"Kami mohon maaf jika ada kekurangan dalam pelayanan kami, dan kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan," ungkap Wamen Ossy dalam keterangan tertulisnya, Senin, 13 Januari 2025.
PELATARAN: Layanan Akhir Pekan yang Mempermudah Masyarakat
PELATARAN yang digelar di Kantah Kabupaten Sidoarjo menawarkan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses layanan pertanahan tanpa harus mengambil waktu dari pekerjaan mereka.
Salah satunya adalah pelayanan sertipikat tanah, seperti sertipikat Roya dan peningkatan hak dari Hak Guna Bangunan (HGB) menjadi Hak Milik.
Sejumlah masyarakat mendapatkan produk layanan pertanahan tersebut, termasuk Ratna Linawati (62), salah seorang penerima layanan Roya.
Baca Juga
- Pro Kontra Indonesia Gabung BRICS, Kadin: Indonesia Mesti Maju
- IATPI dan Politeknik PU Tandatangani Perjanjian Kerjasama untuk Pengembangan SDM dan Kelembagaan
Ratna mengungkapkan rasa senangnya karena proses pelayanan yang cepat dan efisien. "Saya baru mendaftar pagi tadi dan langsung diproses. Sertipikat Roya saya sudah selesai," katanya.
Ratna juga mengapresiasi layanan PELATARAN yang buka pada akhir pekan, yang sangat membantu dirinya sebagai pekerja.
“Pelayanan ini sangat baik, cepat, dan mempermudah. Sebagai pekerja, saya senang tidak perlu mengganggu jam kerja saya,” tambahnya.
Peningkatan Akses Layanan Pertanahan
Kantah Kabupaten Sidoarjo adalah salah satu dari 107 Kantor Pertanahan yang menyediakan layanan PELATARAN di 33 provinsi.
Setiap kantor tersebut memiliki volume layanan yang cukup tinggi. Di Sidoarjo, Kantor Pertanahan mencatatkan rata-rata 11.000 berkas layanan pertanahan setiap bulannya.
Dengan animo masyarakat yang tinggi, PELATARAN diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan menyediakan layanan pada hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 08.00 hingga 12.00.