Gandeng Pos Indonesia, Toco Ingin Perkuat Ekosistem Logistik di Seluruh Indonesia

fin.co.id - 18/11/2024, 13:00 WIB

Gandeng Pos Indonesia, Toco Ingin Perkuat Ekosistem Logistik di Seluruh Indonesia

Toco, Marketplace yang mengratiskan biaya admin bagi merchandnya secara resmi bekerjasama dengan PT Pos Indonesia di bidang logistik. Kerja sama ditandai dengan penandatangan yang berlangsung di Bandung. Founder toco Arnold Sebastian Egg memakai kaos hitam bertuliskan Toco.

fin.co.id - Toco, marketplace berbasis komunitas pertama di Indonesia menggandeng PT Pos Indonesia. Kerja sama ini meliputi pengiriman barang (logistik) yang digunakan dalam transaksi barang di Toco, di mana merchant atau seller Toco memiliki opsi untuk menggunakan ekspedisi dari Pos Indonesia untuk mengirimkan barang kepada buyer atau pembelinya.

Founder & CEO Toco Arnold Sebastian Egg mengatakan, penandatanganan kerja sama ini dilakukan di Auditorium Universitas Logistik dan Bisnis Internasional Pos Indonesia, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis 7 November 2024. Dia mengatkan, penandatanganan kerja sama ini untuk memperkuat ekosistem logistik yang lebih efisien dan merata di seluruh Indonesia.

“PT POS Indonesia memiliki jangkauan terluas yang membantu para merchant kami melayani seluruh masyarakat di Indonesia. Kami juga terkesan dengan bagaimana PT POS telah berhasil bertransformasi, membuktikan bahwa mereka memiliki visi yang sama dengan Toco. Kami juga ingin menghadirkan pengalaman baru dalam e-commerce di Indonesia,” kata Arnold dalam ketrangannya, Senin 18 November 2024.

Dia mengatakan, Pos Indonesia dengan jaringan lebih dari 4.000 kantor pos yang tersebar di seluruh Tanah Air. Bahkan, kata dia, kerja sama ini diharapkan dapat membantu Toco dalam mendistribusikan barang kepada pembeli, termasuk mereka yang tinggal di daerah-daerah terpencil dan sulit dijangkau oleh layanan logistik lainnya.

“Saya berharap kolaborasi ini dapat membantu mengatasi semua tantangan yang dihadapi merchant kami ketika mereka ingin mengirimkan produk ke pelanggan. Dengan beragam layanan yang kami tawarkan, dukungan dari PT POS telah membantu kami menyediakan layanan terbaik bagi para merchant agar mereka bisa memberikan pengalaman yang memukau bagi pelanggannya,” harap Arnold.

Selain itu, kata dia, kolaborasi dengan PT POS Indonesia dapat bermanfaat bagi seluruh user, maka Toco pun memiliki strategis khusus dalam memberikan pelayanannya.

“Sebagai perusahaan yang berkomitmen membantu para merchant di Indonesia dengan cara terbaik, kami berharap kemitraan ini dapat membuat perjalanan e-commerce menjadi lebih efisien. Selain tidak membebankan 'biaya admin' kepada merchant, kini mereka juga dapat mengirimkan produk ke seluruh Indonesia. PT POS juga memungkinkan Toco untuk menyediakan layanan Cash on Delivery (COD) yang sudah lama menjadi permintaan dari para pengguna kami,” katanya.

Senior Manajer bisnis Penjualan Ritel Regional 2 Jakarta, Harry Pratama menyambut baik kemitraan ini. Dia menegaskan, Pos Indonesia siap mendukung Toco dalam memberikan layanan pengiriman yang efisien dan aman.

“Kerja sama ini sangat bagus dilakukan, sinergisitas dan kolaborasi antara pelaku usaha, penyedia platform dan jasa kurir, tentunya dengan tujuan memajukan para pelaku usaha Ritel yang ada di Indonesia,” kata Harry.

Gandeng Pos Indonesia, Toco Ingin Perkuat Ekosistem Logistik di Seluruh Indonesia

Dia berharap, kerja sama ini dapat menjembatani kebutuhan masing-masing pihak dan mendukung usaha pemerintah untuk memajukan perekonomian masyarakat. Selain itu, Harry menambahkan bahwa akan ada program-program lanjutan yang akan disinergikan terkait kerjasama dalam bidang logistik ini.

“Tentunya program yang menjadi core business kami serta pemanfaatan aplikasi-aplikasi yang telah kami bangun untuk kebutuhan pelanggan maupun pelaku usaha,” pungkasnya.

Ke depan, Toco dan PT Pos Indonesia berharap dapat menghadirkan lebih banyak inovasi dalam dunia logistik e-commerce, serta menciptakan pengalaman belanja yang lebih mudah, cepat, dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia. Sebagai marketplace berbasis komunitas pertama di Indonesia, Toco berkomitmen untuk terus menjadi penghubung antara pelaku bisnis dan konsumen, serta memperkuat peran teknologi dalam membangun ekonomi digital yang inklusif.

Mihardi
Penulis