Oreo Luncurkan Edisi Spesial Kemasan Bercorak Wastra Indonesia

fin.co.id - 16/10/2024, 07:19 WIB

Oreo Luncurkan Edisi Spesial Kemasan Bercorak Wastra Indonesia

Orea meluncurkan edisi spesial yakni menghadirkan empat kemasan bergambar wasta Indonesia yang mewakili keberagaman budaya. Menghadirkan empat kemasan bergambar wastra Indonesia. Foto: Istimewa

fin.co.id - Orea meluncurkan edisi spesial yakni menghadirkan empat kemasan bergambar wasta Indonesia yang mewakili keberagaman budaya. Menghadirkan empat kemasan bergambar wastra Indonesia, Oreo mengajak setiap orang untuk merayakan keindahan dan keberagaman budaya, sambil menciptakan momen-momen penuh keseruan bersama Oreo.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi atas hadirnya Oreao Batik. Dia mengatakan, inisiatif ini lebih menghargai dan merayakan keberagaman budaya Indonesia, khususnya kain batik yang telah diakui oleh UNESCO sejak tahun 2009.

"Kami berharap inisiatif ini bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama generasi muda, agar memiliki kebanggaan, dan tergerak untuk turut melestarikan, dan mempromosikan batik sebagai warisan budaya Indonesia. Dengan melestarikan batik, kita juga menjaga kearifan lokal yang bisa menjadi sumber inspirasi dan inovasi bagi generasi mendatang,” kata Sandiaga dalam konferensi pers secara daring, Selasa 16 Oktober 2024.

Head of Corporate Communications and Government Affairs Mondelez Indonesia Khrisma Fitriasari mengatakan, peluncuran edisi spesial Oreo ini merupakan salah satu wujud komitmen berkelanjutan Mondelez Indonesia untuk selalu berinovasi dengan menonjolkan kearifan budaya dan mendukung industri lokal.

“Oreo telah menjadi bagian tak terpisahkan dari keluarga Indonesia dan dalam misinya untuk membawa kebahagian ke seluruh dunia, kami pun turut berbangga bahwa setiap keping Oreo yang dinikmati di 40 negara di Asia Pasifik, Timur Tengah dan termasuk Jepang, Australia dan Selandia Baru, merupakan sebuah persembahan dari Indonesia, dibuat oleh orang Indonesia dan untuk dinikmati orang Indonesia dan dunia,” terang Khrisma.

Senior Marketing Manager Biscuits Mondelez Indonesia Dian Ramadianti mengatakan, dalam edisi spesial ini, setiap kemasan Oreo akan diperkaya dengan corak wastra yang mewakili empat wilayah di Indonesia. Dia menuturkan, keempatnya yakni Batik Mega Mendung dari Cirebon pada Oreo varian rasa original, Kain Songket dari Palembang pada Oreo varian rasa Strawberry, Tenun Sengkang dari Makassar pada Oreo varian rasa Blueberry, dan Tenun Endek dari Bali pada Oreo varian rasa Coklat.

“Seperti batik yang menyatukan kita sebagai satu bangsa, Oreo pun menyatukan keluarga Indonesia dengan mengajak mereka untuk berbagi keseruan bersama. Oleh karena itu, kami berharap hadirnya edisi spesial ini bisa menjadi momentum bagi kita semua untuk merayakan keindahan dan keberagaman budaya Indonesia, sambil menciptakan momen-momen penuh keseruan bersama Oreo, karena apapun latar belakang kita, Oreo selalu menyatukan kita dalam kebersamaan yang penuh rasa,” terang Dian.

Untuk menciptakan dukungan yang lebih luas terhadap pelestarian kain tradisional, dia mengatakan, Oreo turut menginisiasi program Corporate Social Responsibility (CSR) bertajuk Oreo Berbagi. Dia menambahkan, Hal ini langsung menyentuh dan memberikan dampak nyata kepada ribuan pengrajin dan pengusaha batik, khususnya di wilayah Cirebon yang terkenal dengan corak Mega Mendung.

“Berbagai bantuan dan pelatihan pun telah kami siapkan guna mendukung produktivitas pengrajin maupun pengusaha batik, mulai dari pengadaan alat membatik, dan pengolahan limbah hingga peralatan praktik membatik di sekolah untuk mendorong regenerasi pengrajin batik dari kalangan generasi muda,” katanya.

Perancang busana dan konsultan Nusantara Wisdom Era Soekamto turut terlibat dalam peluncuran edisi spesial Oreo ini. Dia mengatakan batik dan wastra Indonesia merupakan salah satu bukti nyata perjalanan panjang akan keragaman budaya Indonesia.

“Layaknya wastra Nusantara, dalam setiap motifnya tersimpan kelestarian dan kesadaran terhadap nilai-nilai luhur budaya yang bisa menyatukan Indonesia. Saya berharap hadirnya Oreo edisi spesial ini bisa menjadi daya tarik bagi lebih banyak masyarakat Indonesia untuk merayakan keberagaman, sekaligus lebih mengenal dan memperkuat rasa kepemilikan akan warisan budaya Indonesia,” kata Era.

Senada dengan Era Soekamto, Nadine Chandrawinata selaku kain tradisional enthusiast pun berharap agar edisi spesial OREO kali ini bisa menjadi inspirasi bagi setiap orang untuk menumbuhkan kebanggaan akan warisan budaya mulai dari lingkungan terkecil, yakni keluarga.

“Bagi saya Oreo edisi spesial Batik ini merupakan kombinasi lengkap yang bisa membuat berbagai momen seru keluarga menjadi lebih bermakna. Sambil membangun kedekatan keluarga, kita bisa mengajak anak ataupun anggota keluarga lainnya untuk mulai mengenal warisan budaya Indonesia seperti batik. Terlebih, anak-anak pun sudah sangat familiar dengan ragam dan keseruan yang selalu dihadirkan Oreo,” tutur Nadine.

Mihardi
Penulis