fin.co.id - Merek pembalut wanita Charm dari PT Uni-Charm Indonesia Tbk (Unicharm) menggandeng Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) menggelar edukasi periksa payudara sendiri (SADARI) kepada lebih dari 400 siswi dari berbagai SMP dan SMA di Jakarta. Hal itu untuk memperingati bulan kesadaran kanker payudara di bulan Oktober.
“Melalui edukasi dari para ahli terkait cara deteksi dini kanker payudara, kami berharap dapat berkontribusi terhadap upaya Pemerintah dalam membina dan melindungi generasi masa depan Indonesia,” ujar Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk, Sri Haryani dalam keterangannya, Rabu 2 Oktober 2024.
Dengan slogan “Ayo SADARI Setelah Menstruasi”, kata dia, penyuluhan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada para perempuan muda tentang pentingnya membiasakan SADARI setelah menstruasi sebagai salah satu cara untuk mendeteksi kanker payudara sejak dini. Sehingga, kata dia, dapat berkontribusi melindungi para wanita yang diharapkan menjadi pemimpin Indonesia di masa mendatang.
"Tujuannya tentu adalah untuk lebih menyebarluaskan slogan Ayo SADARI Setelah Menstruasi, dan juga mengingatkan para wanita untuk melakukan periksa payudara sendiri setiap kali melihat kemasan produk Charm, terutama saat akan mengganti pembalut di masa menstruasi," tuturnya.
Ketua Umum Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI), Linda Agum Gumelar mengatakan, Charm dan YKPI memulai kolaborasi pada tahun 2021 dengan dilandasi adanya visi yang sama yaitu melindungi wanita Indonesia di seluruh usia dari risiko terkena kanker payudara. Hingga saat ini berbagai upaya telah dilakukan, dan selama satu tahun ini kami telah melakukan screening kanker payudara kepada lebih dari 6,000 siswi, mahasiswi, dan guru wanita, serta mengajarkan cara periksa payudara sendiri.
“Pada kegiatan kali ini, kami tidak hanya mengajarkan cara periksa payudara sendiri saja, tetapi juga menjawab pertanyaan dari para siswi melalui telewicara, sehingga diharapkan dapat memberi pemahaman dasar terkait kanker payudara, serta kiat untuk deteksi dini kanker payudara,” kata Linda.
Tidak hanya di produk pembalut Charm saja, logo tersebut juga akan dipasang di kemasan produk pembalut urin CharmNap di tahun ini sebagai komitmen lebih lanjut terhadap penetrasi kebiasaan SADARI.
Baca Juga
Brand Ambassador Charm Syifa Hadju mengatakan, kegiatan yang diadakan oleh Charm dan YKPI ini sangat bermanfaat. Karena, kata dia, ini dapat memberikan wawasan baru kepada para remaja putri tentang pentingnya periksa payudara sendiri setelah menstruasi.
"Sebagai generasi muda wanita Indonesia, saya selalu peduli dengan berbagai permasalahan sosial, termasuk masalah kesehatan," pungkasnya.