Data GAIKINDO, Mayoritas Konsumen Mazda Beli Secara Cash atau Tunai

fin.co.id - 11/09/2024, 19:30 WIB

Data GAIKINDO, Mayoritas Konsumen Mazda Beli Secara Cash atau Tunai

Chief Operating Officer PT Eurokars Motor Indonesia, Ricky Thio dalam Press Conference Pembukaan Booth Mazda Indonesia di GIIAS 2024.

fin.co.id - Sekitar 70 hingga 80 persen masyarakat Indonesia membeli mobil penumpang dengan cara kredit alias mencicil.

Tetapi, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) tahun 2019 meski hal ini tidak berlaku kepada para konsumen Mazda.

Baca Juga

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku agen pemegang merek dan distributor kendaraan Mazda di Indonesia mengungkap bahwa 60 persen konsumennya membeli produknya dengan pembayaran “cash” atau tunai.

“Contoh paling mudah saat di GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) kemarin itu 60 persen (membeli) tunai dan 40 persen kredit, ujar Chief Operating Officer PT EMI Ricky Thio pada konferensi pers Mazda Power Drive 2024 di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Rabu 11 September 2024.

Proporsi konsumen yang membeli dengan cara tunai di tahun ini bahkan, menurut Ricky, terjadi kenaikan. Sebelumnya, jumlah pembeli Mazda yang membayar tunai mencapai angka 52 persen.

Baca Juga

Pembelian dengan uang tunai pun, menurut Ricky, tidak dilakukan dengan tambahan program tukar tambah.

"Itu menandakan mungkin likuiditas konsumen (Mazda) itu lebih liquid, 60 persen cash,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ricky juga menjelaskan SUV andalannya, Mazda CX-5, masih menjadi tulang punggung penjualan produsen asal Jepang tersebut, disusul Mazda 3 Hatchback dan Mazda CX-30.

Dapatkan berita terkini langsung di ponselmu. Ikuti saluran FIN.CO.ID di WhatsApp: https://whatsapp.com/channel/0029Vajztq

Khanif Lutfi
Penulis
-->