fin.co.id - Guna memenuhi kebutuhan pasar pemesanan angkutan penumpang jarak dekat dan menengah, Hino menyediakan opsi sasis bus bermesin depan dalam seri Hino AK.
Bagi kamu yang tinggal di Jabodetabek ataupun luar pulau Jawa, mungkin sedikit asing dengan sosok mesin Hino AK yang banyak digunakan bus kelas ekonomi ini.
Bus mesin depan Hino AK paling banyak ditemukan di pulau Jawa khususnya di rute Jawa Tengah menuju Jawa Timur, ataupun sebaliknya.
Lantas apa saja fakta menarik seputar bus Hino AK ini ?? Berikut di bawah ini fin.co.id telah merangkum keunggulan sasis bus yang kerap dikenal dengan julukan bumel.
Baca Juga
- Dijual Mulai Dari Harga Rp 300 Juta, Ini Keuntungan Beli Bus dari PO Sumber Alam
- Ini Cara Beli Bus dari PO Sumber Alam, Dijual Mulai Rp 300 Juta dengan Fasilitas Lengkap
Menjadi Mesin Bus Depan Tersukses
Berbicara mengenai Hino AK, sasis bus bermesin depan ini mempunyai pesaing produk sejenis seperti Nissan CB, Mitsubishi BM, hingga Mercedes-Benz OF 1113.
Tahun 1970 – 1990 bisa dibilang menjadi era kejayaan bus dengan mesin depan Hino AK, meski saat itu persaingan cukup ketat karena banyak pabrikan ikut mengeluarkan.
Dari pertama diluncurkan ke pasaran, Hino AK sangat identik dengan bus bumel atau ekonomi, bahkan bisa dibilang sebagai chasis legendaris untuk bus kelas bumel.
Dikenal Sebagai Sasis Bus Pelari Kencang
Baca Juga
- Data GAIKINDO, Mayoritas Konsumen Mazda Beli Secara Cash atau Tunai
- Ini Fasilitas Bus PO Sumber Alam yang Dijual Mulai Rp 300 Juta, Bisa Ganti Livery Baru
Selain harganya yang ekonomis, Hino AK terkenal lincah untuk kondisi stop and go. Dengan menggunakan mesin depan, membuat angkatan awal bus lebih enteng.
Hino AK disebut sebagai mesin bus pelari, karena banyak perusahaan otobus yang menjadikan mesin ini sebagai angkutan dengan kelas ekonomi nguber waktu.
Banyak pengemudi bus dengan mesin Hino AK kerap memacu dalam kecepatan tinggi, agar perjalanan para penumpang dapat tepat waktu atau bahkan lebih cepat.
Penguasa Jalur Lintas Jawa Timur
Bagi orang Jawa Timur, tentunya tidak asing dengan bus dengan mesin Hino AK yang kerap berkeliaran di jalanan lintas menuju Jawa Tengah atau sebaliknya.
Beberapa perusahaan otobus (PO) legendaris besar seperti Sumber Group, Eka Mira hingga Akas, hampir seluruhnya menggunakan mesin Hino AK.
Dapatkan berita terkini langsung di ponselmu. Ikuti saluran FIN.CO.ID di WhatsApp: https://whatsapp.com/channel/0029Vajztq