KAI Group Layani 218 Juta Penumpang hingga Semester I 2024, Meningkat 22 Persen

fin.co.id - 12/07/2024, 14:11 WIB

KAI Group Layani 218 Juta Penumpang hingga Semester I 2024, Meningkat 22 Persen

Ilustrasi penumpang menaiki kereta api jarak jauh.

fin.co.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat volume penumpang sebanyak 218.964.010 orang hingga semester 1 2024. Angka tersebut naik 22 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2023 yakni 179.577.935 orang.

Berdasarkan realisasi itu, 22.223.702 pelanggan Kereta Api Jarak Jauh, 3.511.405 pelanggan KA lokal (dikelola KAI), 179.101.318 pelanggan KAI Commuter, 2.709.305 pelanggan KAI Bandara, 8.685.648 pelanggan LRT Jabodebek, dan 2.665.710 pelanggan Whoosh.

Vice President (VP) Corporate Communication PT KAI Commuter Indonesia (KCI), Anne Purba mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaannya dalam menggunakan layanan kereta api.

"KAI Group berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan melalui berbagai inovasi yang secara konsisten kami hadirkan,” kata Anne kepada wartawan, Jumat 12 Juli 2024.

Peningkatan volume penumpang tersebut ditunjang oleh adanya pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api baru mulai Juni 2023.

Pada Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 ini KAI mengoperasikan KA-KA baru yakni KA Argo Merbabu (Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng pp), Argo Semeru (Gambir – Surabaya Gubeng pp), Pandalungan (Gambir – Jember pp), Manahan (Gambir – Solo Balapan pp), dan KA Lokal Banyubiru (Semarang Tawang Bank Jateng – Solo Balapan pp).

Di samping itu, pada Semester I 2023 masih berlaku persyaratan yang berkaitan dengan Covid-19.

Di mana penumpang KA jarak jauh berusia 18 tahun ke atas wajib vaksin booster, penumpang berusia 6-17 tahun wajib vaksin kedua. Adapun penumpang KA lokal wajib minimal vaksin dosis pertama.

Moda transportasi baru yakni Whoosh dan LRT Jabodebek juga baru diresmikan pada paruh kedua Tahun 2023. Kedua moda transportasi massal modern tersebut dapat menjadi andalan masyarakat untuk bertrasportasi sesuai kebutuhan.

Anne mengatakan, KAI akan terus melakukan perbaikan di seluruh lini guna meningkatkan pelayanan bagi pelanggan serta keselamatan perjalanan kereta api.

"Dengan upaya peningkatan kualitas secara kontinyu ini, kami berharap kereta api dapat menjadi pilihan utama masyarakat dalam melakukan perjalanan,” tutup Anne.

(Sab)

Mihardi
Penulis