Kesehatan

PAFI Jadi Wadah Ahli Farmasi untuk Meningkatkan Kesehatan Indonesia

fin.co.id - 06/07/2024, 17:35 WIB

Ilustrasi

fin.co.id-  Peran tenaga kesehatan, termasuk apoteker, sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat

Di Indonesia, para apoteker dan tenaga farmasi tergabung dalam organisasi bernama PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia). 

PAFI memainkan peran krusial dalam meningkatkan kesehatan masyarakat melalui berbagai kegiatan dan program yang terorganisir. 

Di berbagai daerah, organisasi ini tetap terjalin, salah satunya PAFI Tapanuli Selatan dengan situs pafitapanuliselatan.org yang bisa kalian akses di berbagai smartphone.

Baca Juga

Peran PAFI dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat

PAFi berperan aktifalam upaya peningkatan kesehatan di Indonesia melalui berbagai strategi, antara lain:

1.Pendidikan dan Pelatihan

PAFI secara rutin menyelenggarakan seminar, workshop, dan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota.

Program pendidikan berkelanjutan ini memastikan apoteker di Indonesia selalu mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi farmasi terbaru, sehingga pelayanan kepada masyarakat tetap berdasarkan bukti ilmiah terkini.

2. Advokasi dan Regulasi

Baca Juga

PAFI terlibat dalam advokasi dan pembentukan regulasi terkait bidang farmasi. PAFI bekerja sama dengan pemerintah dan lembaga terkait untuk memastikan kebijakan yang dibuat mendukung perkembangan profesi farmasi dan melindungi hak apoteker. 

PAFI juga berupaya memastikan masyarakat mendapatkan akses ke obat-obatan yang aman, efektif, dan berkualitas.

3. Pelayanan Kesehatan

PAFI mendorong anggotanya untuk berpartisipasi dalam program pelayanan kesehatan masyarakat. 

Anggota PAFI sering terlibat dalam kegiatan seperti pemeriksaan kesehatan gratis, edukasi penggunaan obat yang benar, dan kampanye kesehatan lainnya. 

Dengan demikian, PAFI berkontribusi langsung dalam meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya kesehatan dan pengelolaan obat yang tepat.

Afdal Namakule
Penulis
-->