Ekonomi . 03/07/2024, 12:39 WIB

Tolak PHK! Ratusan Buruh Tekstil dan Kurir Demo di Kawasan Patung Kuda Jakarta

fin.co.id - Ratusan orang yang terdiri kurir dan logistik serta buruh tekstil berunjuk rasa di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat pada Rabu, 3 Juli 2024, siang.

Dari pantauan fin.co.id pada pukul 11.30 WIB, tampak ratusan buruh berbaris rapih di Jalan Merdeka Barat, depan mobil komando sambil membawa bendera Partai Buruh dan poster tuntutan.

Ratusan buruh itu berjoget dengan diiringi lagu perjuangan buruh dengan gerakan maju-mundur.

Dalam keterangannya, Presiden Partai Buruh yang juga Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, mengatakan, ratusan buruh berunjuk rasa untuk menolak pemutusan hubungan kerja (PHK) yang mengancam pekerja kurir dan logistik serta buruh tekstil.

Baca Juga

Dalam beberapa bulan terakhir, kata Said industri tekstil di Indonesia menghadapi gelombang PHK.

Hal ini dipicu dengan adanya kebijakan terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah, yakni Permendag Nomor 8 Tahun 2024 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor.

"Selain di industri tekstil, buruh di industri kurir dan logistik juga terancam PHK besar-besaran," kata Said dalam keterangannya.

Said Iqbal memaparkan, pada aksi hari ini, pihaknya membawa 7 tuntutan, yakni:

1. Stop PHK buruh tekstil.

Baca Juga

2. Cabut Permendag Nomor 8 Tahun 2024 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor.

3. Lindungi industri dalam negeri, khususnya industri tekstil, kurir dan logistik, serta baja.

4. Batalkan peraturan Dirjen Perhubungan Darat yang membolehkan aplikator/platform online asing membuka usaha jasa kurir dan logistik.

5. Stop persaingan tidak sehat usaha jasa kurir dan logistik asing yang dimiliki platform asing seperti Shopee, Blibli, Tokopedia, dll, dengan jasa kurir dalam negeri seperti J&T, Pos Indonesia, dll.

6. Hindari ancaman PHK puluhan ribu buruh di industri kurir dan logistik, termasuk di Pos Indonesia.

7. Komisi Pengawas Persaingan Usaha harus memanggil Shopee, Blibli, Tokopedia, dll, untuk melarang platform asing ikut bermain di usaha jasa kurir dan logistik.

© 2024 Copyrights by FIN.CO.ID. All Rights Reserved.

PT.Portal Indonesia Media

Alamat: Graha L9 Lantai 3, Jalan Kebayoran Lama Pal 7 No. 17, Grogol Utara, Kebayoran Lama, RT.7/RW.3 Kota Jakarta Selatan 12210

Telephone: 021-2212-6982

E-Mail: fajarindonesianetwork@gmail.com