MEGAPOLITAN . 02/07/2024, 13:23 WIB

Waduh! Nomor Layanan Darurat 112 Malah Buat "Ngeprank" Laporan Palsu oleh Warga Tangerang

fin.co.id -  Operator Call Center layanan publik penanggulangan kegawatdaruratan atau lebih dikenal dengan Tangerang Siaga 112 sering kena prank warga lewat laporan palsu.

Atas hal tersebut Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang pun terus mengimbau warganya agar tidak menyalahgunakan layanan lewat nomer Call Center 112 itu.

Kepala UPT Pengelola Ruang Kendali Kota (PRKK) Kota Tangerang Muhammad Iqbal Santoso menuturkan, imbuan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kejadian laporan palsu (prank call, ghost call, dan fake report) yang masih ditemui.

Pemkot Tangerang pun memberikan imbauan tegas berupa peringatan sanksi hukum sesuai dengan Undang-undang (UU) Nomor 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Baca Juga

“Tangerang Siaga 112 merupakan layanan yang dibuka secara bebas selama 24 jam," ujarnya, dikutip Selasa 2 Juli 2024.

Pihaknya berharap layanan tersebut tidak disalahgunakan, karena selama ini diperuntukkan untuk kebutuhan penting dan mendesak.

"Seperti kebakaran, kecelakaan, bencana alam, penanganan kesehatan, sampai keamanan dan ketertiban umum di Kota Tangerang," imbuhnya.

Ia melanjutkan, Pemkot Tangerang selama ini telah memberikan edukasi terhadap pelapor palsu yang selama ini menyasar ke layanan Tangerang Siaga 112.

Namun, Pemkot Tangerang juga akan menerapkan sanksi tegas sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku, terlebih jika laporan palsu tersebut mengakibatkan kerugian.

Baca Juga

“Kami pun mengimbau tegas kepada masyarakat untuk tidak menyalahgunakan layanan dengan memberikan laporan palsu. Apalagi, penyalahgunaan layanan call center darurat (112) dapat dikenakan sanksi atau hukuman pidana sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tegasnya

© 2024 Copyrights by FIN.CO.ID. All Rights Reserved.

PT.Portal Indonesia Media

Alamat: Graha L9 Lantai 3, Jalan Kebayoran Lama Pal 7 No. 17, Grogol Utara, Kebayoran Lama, RT.7/RW.3 Kota Jakarta Selatan 12210

Telephone: 021-2212-6982

E-Mail: fajarindonesianetwork@gmail.com