Ekonomi

Siap-siap, Tarif Tol Binjai - Stabat Bakal Disesuaikan dan Tol Stabat - Tanjung Pura Segera Bertarif

fin.co.id - 02/07/2024, 15:46 WIB

Ruas Tol Stabat - Tanjung Pura yang akan segera bertarif (dok Hutama Karya)

fin.co.id - Warga Binjai dan sekitarnya harus bersiap-siap. Pasalnya, Hutama Karya sebagai pemilik dan pengelola ruas Tol Binjai - Stabat, sudah mendapatkan persetujuan dari Kementerian PUPR untuk melakukan penyesuaian tarif.

Sementara itu, bagi pengguna ruas Tol Stabat - Tanjung Pura yang selama ini tidak dikenakan tarif, sebentar lagi ruas Tol itu akan bertarif dan tidak gratisan lagi.

Hal itu menyusul terbitnya Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.1748 tahun 2024 tentang Penyesuaian Tarif Tol Binjai – Langsa Seksi 1 (Binjai-Stabat) dan Penetapan Tarif Seksi 2 (Stabat-Tanjung Pura).

 

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim menyampaikan, jalan Tol Binjai - Stabat sebelumnya telah beroperasi sejak tahun 2022. Selama 2 tahun beroperasi, Hutama Karya melakukan penambahan fasilitas, baik dari sisi lalu lintas dan transaksi, maupun peningkatan kualitas sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Baca Juga

Atas hal tersebut maka perlu dilakukan penyesuaian tarif jalan tol dimana merujuk Pasal 48 ayat (3) dan (4) UU No. 2/2022 tentang Jalan, menyebutkan penyesuaian tarif jalan tol dapat dilakukan setiap 2 (dua) tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi dan evaluasi terhadap pemenuhan SPM.

“Penyesuaian tarif ini sangat penting dilakukan demi menjaga iklim investasi jalan tol yang kondusif yang berpengaruh pada keberlanjutan jalan tol ini. Pemberlakuan tarif baru ini akan diterapkan setelah dilakukan sosialisasi yang intensif agar dapat berjalan dengan baik,” tutur Adjib dalam keterangan tertulisnya, Selasa 2 Juli 2024.

Sementara untuk Tol Binjai – Langsa Seksi 2 Segmen Stabat - Kuala Bingai telah beroperasi tanpa tarif atau belum berbayar sejak September 2023 dan Segmen Kuala Bingai - Tanjung Pura sejak Januari 2024, dengan antusiasme pengguna jalan tol yang tinggi, dilihat dari trafik kendaraan yang melintas yaitu sebanyak total 6.000 kendaraan/hari.

Selama periode operasi tanpa tarif, Hutama Karya sudah melakukan sosialisasi dan edukasi secara masif mencakup penggunaan kartu uang elektronik, profil jalan tol, tata tertib berkendara, hingga informasi kuliner dan wisata di sekitar jalan tol melalui berbagai kanal komunikasi.

Hadirnya Tol Binjai - Langsa dari Binjai ke Tanjung Pura memberikan manfaat yang cukup besar, dimana dapat memangkas waktu perjalanan dari Binjai ke Tanjung Pura dari 1,5 jam menjadi 30 menit. (*)

Baca Juga

Sigit Nugroho
Penulis
-->