Internasional

Israel Diserang Virus Mematikan, 100 Orang Terinveksi, 8 Orang Kritis!

fin.co.id - 02/07/2024, 10:21 WIB

Ilustrasi, Virus

fin.co.id-  Penduduk Israel di Tel Eviv dikabarkan dilanda virus mematikan sejak sebulan terakhir. Virus itu disebut Virus West Nile yang menular melalui gigitan nyamuk

Dilansir dari Jerusalem Pos, terhitung sedikitnya 100 orang telah dilaporkan terinveksi penyakit tersebut. Dan delapan orang diantaranya mendapat perawatan insentif dan kiritis di Sourasky Medical Center di Tel Aviv. Rata-rata pasien yang dirawat berumut 60 tahun. 

Dr Yevgeni Katzman, ahli penyakit dalam dan penyakit menular di Rumah Sakit Ichilov, mengatakan semua pasien berasal dari wilayah Ramat Hachayal dan Shikoun Dan Tzalah.  

Mereka semua biasanya adalah individu yang sehat dan aktif berusia tujuh puluhan. Namun terserang penyakit tersebut. 

Baca Juga

"Ini adalah wabah, jadi penting untuk memperingatkan masyarakat. Selama bertahun-tahun saya menjadi dokter, saya belum pernah melihat begitu banyak pasien yang dirawat di rumah sakit secara bersamaan karena penyakit ini" katanya. 

Dr Katzman menambahkan anak muda yang tertular penyakit ini, hanya akan alami gejala ringan seperti sakit perut, diare, atau demam. 

Namun, bagi orang lanjut usia, penyakit ini menimbulkan bahaya yang nyata, karena virus dapat menyebabkan kerusakan yang lebih signifikan. '"Berpotensi menyebabkan kebingungan, gejala neurologis, dan gangguan kognitif." katanya lagi. 

Apa Itu Virus West Nile? 

Dilansir dari European Centre for Disease Prevention and Control, virus West Nile (WNV) ditularkan melalui gigitan nyamuk ke burung, manusia dan mamalia. 

Baca Juga

Virus ini dapat terinfeksi, meskipun sekitar 80% infeksi pada manusia tidak menimbulkan gejala. 

Sebagian besar kasus pada manusia terjadi antara bulan Juli dan September saat nyamuk aktif.

Gejala Diserang Virus West Nile

Sekitar 20% infeksi WNV pada manusia dapat menyebabkan demam West Nile (WNF), yang ditandai dengan:

- sakit kepala

- rasa tidak enak

Afdal Namakule
Penulis
-->