MEGAPOLITAN

Indeks Inflasi Kota Tangerang Dilaporkan Turun 2,82 Persen

fin.co.id - 02/07/2024, 19:31 WIB

Ilustrasi Penurunan Inflasi di Daerah

fin.co.id -  Pemerintah Kota Tangerang melaporkan tren yang positif pada pertumbuhan ekonomi di daerahnya dengan mengalami penurunan indeks inflasi mencapai 2,82 persen.

Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Tangerang Ruta Ireng Wicaksono menuturkan, berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tangerang, indeks inflasi pada bulan Juni 2024 mengalamani penurunan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Yakni Maret (3,62 persen), April (3,36 persen), Mei (2,95 persen) dan Juni terus menunjukkan penurunan hingga mencapai 2,82 persen. Bahkan, indeks inflasi bulan ini menjadi catatan terbaik dalam tiga bulan terakhir.

"Berdasarkan data yang baru dipublikasikan menunjukkan penurunan angka inflasi secara konsisten dalam empat bulan terakhir. Khusus bulan ini, merupakan catatan yang terbaik dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) mencapai 105,98 persen," ujar Ruta, Selasa 2 Juli 2024.

Baca Juga

Tidak hanya itu, indeks inflasi Kota Tangerang juga menunjukkan kondisi lebih baik bila dibandingkan dengan periodesasi triwulan kedua di semester pertama pada tahun sebelumnya.

Tercatat, perbandingan indeks inflasi pada periodesasi triwulan kedua di semester pertama mencapai 0,16 persen, yakni Juni (2023) sebesar 2,98 persen dan Juni (2024) sebesar 2,82 persen.

Beberapa komoditas penting yang menyumbangkan inflasi pada bulan ini, seperti bawang putih, cabai merah, sampai emas perhiasan. Sedangkan beberapa komoditas kebutuhan pangan pokok sepertu bawang merah, telur ayam, tomat, sampai beras menunjukkan perkembangan deflasi dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

“Indeks bulan ini menjadi catatan yang sangat positif untuk perekonomian lokal di Kota Tangerang. Apalagi, berdasarkan perhitungan ‘month to moth’ dan ‘year to date,’ tingkat inflasi keduanya hanya sebesar 0,04 persen dan 1,4 persen,” tambahnya.

Selain itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berkomitmen menyiapkan langkah-langkah strategis untuk menjaga stabilitas indeks inflasi, khususnya menyambut periodesasi semester kedua pada tahun ini di Kota Tangerang

Baca Juga

Rikhi Ferdian
Penulis
-->