fin.co.id - Hasil Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA, SMK, SLB Provinsi Jawa Barat Tahun 2024 yang masuk Tahap II, diumumkan pada 5 Juli 2024 mendatang.
Calon Peserta Didik (CPD) bisa memantau secara 'online' baik di laman PPDB Dinas Pendidikan Jabar maupun aplikasi Sapawarga.
"Untuk daftar ulang bagi mereka yang dinyatakan lolos tes dilaksanakan tanggal 8 sampai 9 Juli 2024," kata Plh. Kepala Dinas Pendidikan Jabar Ade Afriandi dalam keterangan di Bandung, Selasa 2 Juli 2024.
Tahap tes kemampuan prestasi PPDB Jabar Tahap II, kata Ade, digelar tanggal 1-2 Juli 2024. Uji kemampuan ditujukan kepada CPD yang mendaftar jalur prestasi olahraga dan seni untuk SMA dan tes kemampuan bakat bagi SMK.
Baca Juga
- Iran Bebaskan Visa Bagi Wisatawan Indonesia, Bakal Diperlakukan Sama dengan Warga Lokal
- Kejagung Periksa IWM, Tim Monsus Bea Cukai Pusat Soal Korupsi Impor Gula PT SMIP
Di tahap II ini, kata dia, ada tiga jalur pendaftaran, yakni jalur prestasi (akademik, olahraga, dan seni), jalur afirmasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK), serta jalur perpindahan tugas orang tua.
"Tes dilakukan di sekolah pilihan pertama dengan tim penguji langsung oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan," kata Ade Afriandi.
Ade juga menjelaskan jumlah CPD yang telah mendaftar pada PPDB tahap II sampai penutupan pendaftaran tanggal 28 Juni, mencapai 207.183 orang.
"Jumlah itu telah melebihi kuota, yakni 162.673 CPD untuk seluruh SMA, SMK dan SLB di Jabar," tuturnya.
Ade kembali berpesan bagi CPD yang tidak lolos, jangan memaksakan diri untuk masuk ke sekolah yang diinginkan dengan cara-cara yang melanggar aturan.
Baca Juga
- Kejagung Periksa RAS Komisaris Antam Periode 2014-2019 Soal Korupsi Usaha Komoditi Emas
- Kapolda Sumatera Barat 'Keukeuh' Afif Maulana Tewas karena Jatuh ke Sungai
"Yang terpenting adalah sekolah, baik di negeri atau swasta. Jika melanggar, kami akan tindak. Ini sudah terbukti di tahap pertama, kami menganulir lebih dari 200 CPD karena terbukti menggunakan KK di alamat bukan domisili siswa," tuturnya.