MEGAPOLITAN

Besok Ribuan Buruh Akan Demo di Depan Istana Negara, Ini Tuntutannya!

fin.co.id - 02/07/2024, 15:49 WIB

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal.

fin.co.id - Ribuan buruh yang tergabung dalam Partai Buruh dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan menggelar demonstrasi di depan Istana Negara dan Kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag), Rabu 3 Juli 2024. Titik kumpul di Patung Kuda silang Monas.

Aksi itu sebagai respons masifnya angka pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap buruh tekstil. Unjuk rasa itu dimulai di depan Istana Negara dan akan dilanjutkan dengan long march (jalan kaki) menuju Kementerian Perdagangan, Kementerian Perhubungan, dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) pada siang harinya.

Beberapa bulan terakhir, industri tekstil di Indonesia menghadapi gelombang PHK. Hal itu dipicu dengan adanya kebijakan terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah. Yakni Permendag Nomor 8 Tahun 2024 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor.

"Selain di industri tekstil, buruh di industri kurir dan logistik juga terancam PHK besar-besaran," ujar Presiden Partai Buruh yang juga Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, Selasa 2 Juli 2024.

Baca Juga

Dalam hal, ada tjuh tuntutan yang mereka ajukan:

1. Stop PHK buruh tekstil.

2. Cabut Permendag Nomor 8 Tahun 2024 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor.

3. Lindungi industri dalam negeri, khususnya industri tekstil, kurir dan logistik, serta baja.

4. Batalkan peraturan Dirjen Perhubungan Darat yang membolehkan aplikator/platform online asing membuka usaha jasa kurir dan logistik.

Baca Juga

5. Stop persaingan tidak sehat usaha jasa kurir dan logistik asing yang dimiliki platform asing seperti Shopee, Blibli, Tokopedia, dll, dengan jasa kurir dalam negeri seperti J&T, Pos Indonesia, dll.

6. Hindari ancaman PHK puluhan ribu buruh di industri kurir dan logistik, termasuk di Pos Indonesia.

7. Komisi Pengawas Persaingan Usaha harus memanggil Shopee, Blibli, Tokopedia, dll, untuk melarang platform asing ikut bermain di usaha jasa kurir dan logistik.

Sebagai informasi, aksi tersebut akan dimulai dengan titik kumpul di Patung Kuda Indosat pada pukul 09.30 WIB. Ribuan buruh dari Jabodetabek akan bergerak bersama-sama untuk menyampaikan aspirasi dan tuntutannya.

(Can)

Mihardi
Penulis
-->