News

HUT Bhayangkara ke-78, Jokowi Minta Kepolisian Jaga Netralitas di Pilkada Serentak 2024

fin.co.id - 01/07/2024, 19:48 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan peluncuran digitalisasi layanan perizinan penyelenggaraan event. Foto: Tangkapan layar

fin.co.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan pihak kepolisian untuk tetap menjaga netralitas jelang gelaran Pilkada 2024.

Hal itu ia sampaikan dalam sambutan di acara HUT Bhayangkara ke-78 di lapangan Monas, Jakarta Pusat.

"Sebentar lagi kita masuki tahapan Pilkada. Saya minta Polri turut mendukung dan mensukseskan, jaga netralitas, jaga stabilitas, dan jaga demokrasi kita agar Pilkada dapat berlangsung aman, jujur, dan adil," jelas Jokowi, Senin, 1 Juli 2024.

Dia mengatakan bahwa Polri memiliki peran sentral. Selain itu, Jokowi menyebut Polri selalu bersentuhan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat sehingga terkadang tak memiliki libur.

Baca Juga

"Polri ada di mana-mana, tidak ada wilayah yang terlewatkan. Tapi di sisi lain artinya rakyat juga melihat dari dekat seluruh gerak gerik dan tindak tanduk Polri," ujarnya.

Selain mengingatkan soal netralitas dalam Pilkada, Jokowi juga mengingatkan anggota Polri agar tetap menjunjung tinggi Tribrata Polri dalam menjalankan tugas serta menjaga sinergisitas dengan TNI.

"Sekali lagi selamat Hari Bhayangkara ke-78, jadilah insan Bhayangkara yang menjunjung tinggi Tribrata Polri yang solid secara internal dan sinergis secara eksternal khususnya dengan TNI dan setia melayani dan mengayomi masyarakat," ujar dia. (Ani)

Khanif Lutfi
Penulis
-->