News

Di HUT ke-78 Bhayangkara, Jokowi Minta Polri Tak Tebang Pilih dalam Penegakan Hukum

fin.co.id - 01/07/2024, 18:47 WIB

Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara pada puncak perayaan HUT ke-78 Bhayangkara di Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Senin 1 Juli 2024. Foto: Ani/Disway Group

fin.co.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara pada puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Bhayangkara di Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Senin 1 Juli 2024. Dalam sambutannya, Jokowi mengaku senang melihat survei terbaru yang menunjukkan citra Polri semakin membaik.

"Saya senang bahwa survei terbaru menunjukkan citra Polri yang semakin baik. Bahkan menempati urutan tertinggi kedua. Ini patut kita syukuri," kata Jokowi di lokasi.

Dia mengatakan, hal ini harus dipertahankan. Bahkan, kata Jokowi, harus terus ditingkatkan dengan membangun komunikasi publik yang baik dalam membangun etika pelayanan pada rakyat.

"Dengan apa? Dengan komunikasi publik yang baik, menjadi contoh, dan menjadi teladan dengan membangun etika pelayanan yang berorientasi pada rakyat," kata Jokowi.

Baca Juga

Lebih lanjut, Jokowi menyinggung tantangan ke depan tidaklah mudah dari sisi geopolitik hingga ekonomi. Oleh karena itu, dia mengatakan, tugas Polri sangat berpengaruh terhadap ketahanan bangsa dalam menghadapi beragam tantangan serta daya saing di tengah kompetisi global.

"Sehingga ke depan Polri harus semakin lincah, harus semakin adaptif, dan memiliki cara pandang strategis, harus menjadi cooling system, dan produk kebhinekaan, harus profesional, dan tidak tebang pilih dalam penegakan hukum serta harus memiliki kemampuan teknis yang lebih unggul dari pelaku-pelaku kejahatan," bebernya.

"Apalagi dalam menghadapi kejahatan transnasional, yang semakin kompleks dan canggih. Polri juga harus mampu mengikuti perkembangan iptek dan menjalin kerja sama untuk memperkuat keamanan negeri kita," lanjutnya.

Pada kesempatan ini, Jokowi juga mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-78 untuk keluarga besar Polri. Dia berharap, Polri makin dipercaya publik.

"Saya ingin menyampaikan ucapan selamat hari Bhayangkara yang ke-78, kepada seluruh keluarga besar Polri dimanapun saudara-saudara bertugas, serta terima kasih atas kerja keras, atas pengabdian seluruh anggota Polri dalam menjaga stabilitas dankeamanan," tuturnya.

Baca Juga

(Ani)

Mihardi
Penulis
-->