Viral

Apa Arti Sallo Mako Jago yang Dikaitkan dengan SYL ? Ini Penjelasannya

fin.co.id - 01/07/2024, 14:20 WIB

Istilah Sallo Mako jago yang dikatikan dengan SYL

fin.co.id - Istilah 'Sallo Mako Jago' menjadi sorotan masyarakat karena memiliki kaitan dengan Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Istilah 'Sallo Makko Jago' muncul lantaran Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan menyebutkan melalui catatannya.

Menteri Pertanian SYL harus menghadapi tuntutan 12 tahun penjara dan denda yang cukup besar.

Terkait hal tersebutlah, Dahlan Iskan melalui catatannya mengaitkan hukum SYL ini dengan istilah Sallo Mako Jago. Istilah tersebut dituliskan Dahlan, usai mengutip dari Muslimin, yakni salah seorang mantan pemimpin media di Makassar.  Oleh karenanya, publik bertanya-tanya apa sebenarnya makna dari istilah Sallo Mako Jago tersebut.

Baca Juga

Apa Arti Istilah Sallo Mako Jago

Istilah Sallo Mako Jago sendiri berasal dari bahasa Bugis. Apabila melansir dari repositori Kemdikbud, Kamus Makassar Indonesia, "Sallo” berarti 'perlahan', “Mako" berarti 'saja' dan “Jago” merujuk pada seekor ayam jantan yang biasanya dilambangkan sebagai kekuatan atau hebat.  

Secara harfiah, istilah tersebut memiliki arti “perlahan saja, pasti kuat”. Lewat istilah tersebut, bisa bermakna sebuah motivasi untuk seseorang yang tengah menjalani sebuah proses namun harus yakin bahwa seseorang itu hebat dan kuat.

Tak hanya itu, Sallo Mako Jago dalam bahasa INdonesia yakni 'Ayaman jantan sudah selesa'.

Makna dari istilah tersebut adalah seorang yang dulunya memiliki kekuatan dalam artian di sini adalah berkuasa, maka kini tak lagi memiliki kekuatan atau pengaruh.

Baca Juga

Istilah Sallo Mako Jago juga digunakan saat menggambarkan situasi seseorang yang mengalami kejatuhan dari posisi tinggi.  

Bisa diartikan juga bahwa seseorang yang dulunya memiliki posisi dalam suatu bidang yang cukup terhormat dan bermartabat namun dirinya tidak bisa lagi menggunakan wewenangnya dan sudah tidak memiliki pengaruh apapun di masyarakat.

Demikianlah informasi tentang penjelasan arti dari istilah Sallo Mako Jago yang berasal dari Makassar serta ada kaitannya dengan SYL

Ari Nur Cahyo
Penulis
-->