MEGAPOLITAN

Tangani Kekeringan di Cibarusah, Pemkab Bekasi Fokus Memasang Sambungan Pipa PDAM

fin.co.id - 30/06/2024, 18:51 WIB

Pemerintah Kabupaten Bekasi menyalurkan air bersih (Dokumen Istimewa)

fin.co.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, masih menanangani kekeringan di wilayah Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Penanganan air bersih di wilayah tersebut masih terus dilakukan, serta menjadi salah satu program dari Pemkab Bekasi di tahun 2024 saat ini.

Kekeringan menjadi salah satu aspirasi yang disampaikan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), pada Rapat Paripurna yang disampaikan Jumat 29 Juni 2024.

Penjabat (PJ) Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengungkapkan, pihaknya kini tengah memasang sambungan pipa PDAM di wilayah Cibarusah terus dilakukan. 

Baca Juga

"Solusi kedepan adalah pemasangan pipa bagi warga miskin," ungkap Dani Ramdan dalam keterangan resmi yang dikutip, Minggu 30 Juni 2024.

Menurutnya, pemasangan sambungan pipa bagi masyarakat miskin yang terdampak kemarau, menjadi salah satu langkah konkret saat terjadi musim kemarau. 

"Saat kekeringan, Pemda terus mengirim air ke daerah yang terdampak. Salah satunya Cibarusah," jelasnya.

Dani Ramdan mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Perumda Tirta Bhagasasi guna pemasangan sambungan pipa di wilayah Kecamatan Cibarusah. 

"Dengan adanya Direksi baru Perumda Tirta Bhagasasi, diharapkan hal tersebut dapat menjadi prioritas untuk diselesaikan sebelum memasuki musim kemarau selanjutnya," ucapnya.

Baca Juga

Diharapkan, sambungan pipa yang sedang dipasang oleh Perumda Tirta Bhagasasi dapat direalisasikan sebelum musim kemarau tahun 2024.

"Kami tahun lalu sudah menjanjikan akan ada sambungan gratis, untuk 1.000 penduduk miskin, karena Cibarusah setiap tahun kekeringan," terangnya.

Pada tahun 2023 lalu, pemasangan sambungan air bersih sudah dapat menyalurkan pada masyarakat yang terdampak kemarau

"Sekarang sudah ada direksi baru, saya tekankan prioritas untuk bisa dipenuhi sebelum musim kemarau tahun ini,” tutupnya.

Tuahta Aldo
Penulis
-->