News

Luncurkan Gagasan Kemanusiaan Untuk Warga Palestina, INH Akan Bantu Bangun Kampung Indonesia

fin.co.id - 28/06/2024, 20:44 WIB

Networking for Humanitarian (INH), meluncurkam program bantuan kemanusiaan untuk Palestina di Jalur Gaza (Dokumen Istimewa)

fin.co.id - Lembaga kemanusiaan International Networking for Humanitarian (INH), meluncurkam program bantuan kemanusiaan untuk Palestina di Jalur Gaza.

Bantuan yang dipersiapkan untuk Palestina tersebut, akan melahirkan sebuah kota dengan tajuk 'Kampung Indonesia' di wilayah Jalur Gaza.

Kini INH tengah bernegosiasi dengan pemerintah Gaza, untuk dapat membangun Kampung Indonesia di atas tanah seluas 3 hektar.

Rencana Bangun Kampung Indonesia di Palestina

Baca Juga

Gagasan pembangunan kota ini, diperkenalkan oleh Heru selaku Staf Ahli dalam Arsitektur dan Konstruksi Bangunan di Acara Kolaborasi Kemanusiaan-Bangun Gaza kembali.

"Ini acara kolaborasi lembaga INH bersama tokoh nasional untuk sama-sama bicarakan tentang bentuk nyata kita terhadap tragedi kemanusiaan yang ada di Gaza karena genosida hingga saat ini belum berhenti," ungkap Funder INH, Muhammad Husein, Jumat 18 Juni 2024.

Program ini dikonsep pembangunan kawasan perumahan, yang berisi dari apartemen 12 lantai, hotel untuk mengakomodasi tamu, hingga gedung sekolah dan pasar.

Pembangunan Kampung Indonesia ini ditujukan bagi warga Palestina yang menjadi korban, dengan harapan mampu memperbaiki kebutuhan yang selama ini hilang.

"Jadi ini adalah seperti satu ruang tertutup saling berkaitan terdiri dari berbagai tower bangunan apartemen untuk warga Gaza yang rumahnya rusak hancur disertai dengan fasilitas umumnya. Yang itu bisa benar-benar mengisi kebutuhan sosial warga Gaza yang selama ini telah direnggut," jelasnya.

Baca Juga

Nantinya ide ini akan dikenalkan secara terus menerus di kota lain di Indonesia, serta akan disuarakan terutama dalam membangun kerjasama dengan Pemerintah.

Pembangunan Dinilai Sangat Visioner 

Anggota Komisi I DPR RI, Jazuli Juwaini, menyambut baik adanya rencana pembangunan kampung Indonesia di Gaza Palestina.

Dirinya menilai, program INH merupakan rancangan yang visioner sebagai bentuk dukungan Indonesia untuk mendukung kemerdekaan Palestina.

"Ini artinya INH sudah berpikir maju ke depan. INH bukan hanya membantu untuk warga Gaza sekarang tapi dalam waktu yang sama dia sudah memplanning bagaimana Gaza dibangun ke depan. Dan saya pikir pemikiran ini harus dimiliki oleh semua masyarakat Indonesia, bukan hanya warganya," kata Jazuli Juwaini.

Jazuli Juwaini mendukung rencana tersebut dengan menyumbang Rp 200 juta sebagai donasi di Acara Kolaborasi Kemanusiaan Bangun Gaza kembali.

Tuahta Aldo
Penulis
-->