MEGAPOLITAN

Jelang Pilkada 2024, KPU dan Kejari Kabupaten Tangerang Kerjasama Mitigasi Bidang Hukum

fin.co.id - 28/06/2024, 21:53 WIB

KPU Kabupaten Tangerang dan Kejari Kabupaten Tangerang Tandatangani MoU Mitigasi di Bidang Hukum - Rikhi Ferdian

fin.co.id-  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Tangerang.

Kerjasama ini dalam rangka mitigasi dan pendampingan hukum dalam tahapan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Tangerang 2024.

Ketua KPU Kabupaten Tangerang Muhamad Umar mengatakan, penandatanganan kesepahaman untuk meningkatkan meningkatkan sinergitas antara KPU dengan beberapa instansi. Terutama dalam dibidang hukum, pelayanan dan sebagainya.

Tak lupa, umar melaporkan kegiatan yang sudah dilakukan KPU kabupaten Tangerang. Mulai dari perekrutan badan adhoc seperti panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS).

Baca Juga

Lalu, menerima pendaftaran bakal calon perseorangan masih verifikasi secara faktual 19 Agustus. Bila dinyatakan lolos maka pasangan perseorangan pada tanggal 27 sampai 29 Agustus berhak mendaftar sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Tangerang.

"Saat ini kami sedang melaksanakan pemutakhiran data pemilih, kami sudah melaksanakan coklit serentak sampai 24 Juli. Penandatanganan kerjasama berkaitan dengan hukum, pelayanan hingga peningkatan kompetensi terutama pengelolaan anggaran pilkada," jelasnya saat sambutan di Aula Kantor Kejari Kabupaten Tangerang, Jumat 28 Juni 2024.

Sementara, Kepala Kejari Kabupaten Tangerang Ricky Tommy Hasiholan mengatakan, bisa segera memanifestasikan kerjasama. Ia mengapresiasi kepercayaan stakeholder sehingga bisa kembali bekerjasama dalam pelayanan hukum.

"Tentu kami bersyukur karena masih dipercaya untuk bekerja dan berkarya di Pilkada Kabupaten Tangerang. Tantangan tentu pasti ada dalam mengambil kebijakan baik internal, eksternal, kami siap untuk mendampingi bapak dan ibu dalam rangka mitigasi dan risiko hukum yang mungkin akan terjadi dalam pengambilan kebijakan," jelasnya.

Ia mengatakan, komisioner KPU Kabupaten Tangerang bisa kapan saja melakukan konsultasi hukum, mitigasi dan sebagainya kepada jaksa pengacara negara (JPN).

Baca Juga

"Silakan anytime bapak ada keperluan silakah dipergunakan, ada benar-benar kami buat untuk kemaslahatan bersama. Sehingga bisa mengeluarkan kebijakan yang baik dan jauh dari konflik hukum. Kepada JPN, berikan pelayanan terbaik, opini, pendampingan, mitigasi hukum dan sebagainya, tentu kami siap berbuat terbaik untuk stakeholder kami," pungkasnya.

Rikhi Ferdian
Penulis
-->