Otomotif

Waspadai Polusi Udara! Ini 6 Penyebab Utama Motor Ngebul di Jalan Raya

fin.co.id - 27/06/2024, 13:30 WIB

Waspadai Polusi Udara! Berikut 6 Penyebab Motor Ngebul di Jalan Raya

fin.co.id - Menjaga kebersihan lingkungan juga penting bagi pengemudi di jalan raya, terutama akibat motor ngebul. Hal ini agar kesehatan lingkungan dan pejalan kaki juga terjamin.

Kendaraan yang mengeluarkan asap putih tebal atau ngebul di jalan raya tentu pemandangan yang meresahkan. Selain mengganggu kenyamanan pengguna jalan lain, kondisi ini juga menjadi indikasi adanya masalah pada mesin motor Anda.

Dilansir suzuki.id Perlu anda ketahui 6 penyebab motor ngebul di jalan ini, simak dibawah ini:

1. Karburator

Baca Juga

Kerusakan karburator merupakan salah satu penyebab penyebab umum sepeda motor meledak. Selain itu, karburator yang kotor juga menjadi penyebab kondisi ini.

Kotoran akan menyumbat saluran bahan bakar sehingga bahan bakar tidak dapat mengalir ke karburator. Dampaknya campuran bahan bakar di karburator tidak bisa beroperasi maksimal. Inilah penyebab keluarnya asap dari pipa knalpot sepeda motor.

Selain itu, karburator yang tidak disetel dengan benar juga dapat menimbulkan suara berderak pada kendaraan.

2.  Sistem pendingin

Masalah sistem pendingin biasanya disebabkan oleh dua faktor. Pertama, kondisi radiator memburuk. Kedua, kerusakan pada kipas pendingin. Radiator yang bocor atau kotor akan menghambat perpindahan panas dari mesin ke udara sekitar.

Baca Juga

Jika tersumbat, mesin akan kepanasan dan menyebabkan sepeda motor meledak.

3. Bahan Bakar

Bahan bakar harus memenuhi standar dan spesifikasi sepeda motor. Jika tidak cocok maka proses pembakaran akan terhenti. Asap kemudian terbentuk di gas buang dan menyebabkan pembengkakan. Tak hanya itu, kelesuan motor juga disebabkan oleh kualitas oli yang buruk. Faktanya, efisiensi pembakaran yang tidak optimal menyebabkan mesin terbakar.

Oleh karena itu, selalu gunakan oli yang sesuai dengan anjuran pabrikan sepeda motor.

4. Keausan mesin

Salah satu faktor penyebab keausan mesin adalah lepasnya ring piston dan piston. Jika keadaan ini terjadi maka proses pembakaran mesin sepeda motor menjadi kurang efektif. Knalpot sepeda motor kemudian menimbulkan asap yang berlebihan. Penyebab keausan mesin selanjutnya adalah kegagalan katup.

Noerma Puspita
Penulis
-->