News

Banjir Landa Dua Kecamatan di Gorontalo, Rendam 1.547 Unit Rumah Warga

fin.co.id - 27/06/2024, 17:06 WIB

Banjir Landa Dua Kecamatan di Gorontalo, Rendam 1.547 Unit Rumah Warga

fin.co.id – Hujan dengan itensitas tinggi sebabkan banjir di dua kecamatan yang ada di wilayah Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo pada Rabu 26 Juni 2024. 

Dua kecamatan yang dimaksud ialah Kecamatan Dumbo Raya dan Kota Barat.

Berdasarkan data sementara yang dihimpun BNPB, banjir akibatkan 1.547 KK / 4.989 jiwa terdampak dari peristiwa tersebut. 

Sebanyak 350 jiwa diantaranya dilaporkan mengungsi ke SDN 38  dan SDN 41.

Baca Juga

Banjir ini juga merendam 1.547 unit rumah warga di dua kecamatan. Kondisi terkini pada Kamis 27 Juni 2024 pukul 10.58, banjir berangsur surut di beberapa titik.

Personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Gorontalo sejak kemarin langsung menuju lokasi terdampak untuk melakukan pendataan dan koordinasi kepada pihak terkait guna lakukan penanganan lebih lanjut.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan pemberitahuan terkait peringatan dini potensi adanya hujan dengan itensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai angin kencang dan kilat untuk sebagian wilayah di Provinsi Gorontalo pada Jumat 28 Juni 224 dan Sabtu 29 Juni 2024.

Melihat potensi tersebut, BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat, meskipun banjir berangsur surut agar tetap waspada apabila banjir kembali terjadi. 

Adapun yang bisa dilakukan antara lain dengan menyiapkan tim siaga bencana tingkat kelurahan dan desa hingga mematuhi informasi yang diberikan oleh pihak yang berwenang di daerah masing-masing.

Baca Juga

Khanif Lutfi
Penulis
-->