News

Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division Gelar Razia Truk ODOL di Ruas Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa

fin.co.id - 26/06/2024, 20:38 WIB

Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division Gelar Razia Truk ODOL di Ruas Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa. 2 kendaraan over dimensi dan 30 kendaraan overload terjaring. (dok JNT)

fin.co.id - Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division (JNT) melalui Representative Office 1 (RO1) selaku pengelola Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) menggelar operasi terhadap kendaraan Over Dimension Overload (ODOL).

Operasi yang dilakukan bersama PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO), Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal), Direktorat Lalu Lintas Patroli Jalan Raya Polda Sumatera Utara (DIRLANTAS PJR POLDASU), dan Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) itu dilakukan pada Selasa, 25 Juni 2024.

"Operasi ODOL ini berfokus pada kendaraan yang melebihi kapasitas dimensi dan tonase muatan kendaraan. Untuk kendaraan yang melanggar ketentuan tersebut dilakukan penindakan berupa tilang oleh pihak kepolisian. Kegiatan operasi ODOL ini dilaksanakan di area Gerbang Tol Belawan Ruas Tol Belmera," ujar Senior Manager RO1 JNT, Ahmad Fikri dalam keterangannya, Rabu 26 Juni 2024.

Fikri mengungkapkan, pada operasi ODOL tersebut terjaring sebanyak 2 kendaraan over dimension dan 30 kendaraan overload yang selanjutnya dilakukan penindakan berupa tilang oleh pihak Kepolisian.

Baca Juga

"Kegiatan penertiban kendaraan over dimension dan overload merupakan upaya kami untuk memastikan keamanan dan keselamatan pengguna jalan di Ruas Tol Belmera," tuturnya.

Selain itu, Fikri mengimbau kepada penyelenggara angkutan barang yang akan melintas di Ruas Tol Belmera agar tidak mengangkut beban berlebih dan tidak menambah dimensi kendaraan yang telah ditetapkan, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55 Tahun 2012 Tentang Kendaraan.

"Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk senantiasa mematuhi peraturan lalu lintas serta memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima sebelum melakukan perjalanan, tetap mematuhi protokol kesehatan, memastikan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM), dan saldo uang elektronik," pungkasnya. (*)

Sigit Nugroho
Penulis
-->