MEGAPOLITAN

Usung Anies-Sohibul Iman, PKS Sadar Tak Bisa Sendirian

fin.co.id - 25/06/2024, 16:29 WIB

Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman. Foto: Antara

fin.co.id - Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mengusung pasangan Anies Rasyid Baswedan sebagai Bakal Calon Gubernur dan Mohamad Sohibul Iman sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2024.

Keputusan itu berdasarkan rapat yang digelar pada Kamis, 20 Juni 2024.

"Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS pada rapatnya di hari Kamis, 20 Juni 2024 telah memutuskan mengusung Bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai Bakal Calon Gubernur dan Bapak Mohamad Sohibul Iman sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2024," kata Presiden PKS, Ahmad Syaikhu di Jakarta, Selasa 25 Juni 2024.

Syaikhu menyebutkan PKS menyadari tidak bisa sendirian mengusung calon di Pilkada karena jumlah kursi yang dimiliki belum memenuhi syarat untuk dapat mencalonkan. 

Baca Juga

Ia mengatakan PKS telah menjalin komunikasi politik dengan partai-partai lain. 

"PKS telah membangun komunikasi dengan Partai NasDem dan alhamdulillah mendapatkan sinyal positif untuk membangun kerjasama di Pilkada DKI Jakarta," ucap Syaikhu. 

"Selanjutnya, rencana pertemuan dengan PKB juga sudah dirancang dan akan dilaksanakan. Kami optimis, insya Allah sosok Bapak Anies Rasyid Baswedan dan Bapak Mohamad Sohibul Iman adalah kandidat yang memiliki peluang menang besar," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua DPW PKB DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas, menjelaskan bahwa saat ini partainya tengah menjalin komunikasi intensif dengan beberapa partai politik, termasuk PDI Perjuangan.

"Belum maksimal, tetapi kami terus menjalin komunikasi, apalagi ini menjelang Pemilu," ujar Hasbiallah saat dikonfirmasi, Selasa 25 Juni 2024.

Baca Juga

Dalam hal komunikasi dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Hasbiallah mengungkapkan bahwa proses komunikasi juga masih berlangsung.

"Masih, masih komunikasi terus," katanya singkat.

Terkait kemungkinan bergabungnya partai lain dalam koalisi yang mendukung Anies, Hasbiallah menjelaskan bahwa sudah ada partai lain yang bersedia bergabung, namun masih dalam tahap pembicaraan yang intensif.

"Sudah ada, hanya kami belum bisa menyampaikan sekarang. Karena masih tahap pembicaraan," tambahnya.

Ditegaskan oleh Hasbiallah bahwa PKB sedang menjalin komunikasi dengan semua partai politik untuk mencapai kesepakatan bersama dalam mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta.

"Iya, harus kalau itu," tutup Hasbiallah. (Ani)

Khanif Lutfi
Penulis
-->