Viral

Awalnya Beringas Serobot Jalur Sepeda dan Hajar Bocil di Jalanan, Oknum Driver Maxim Kini Tertunduk Lesu dan Minta Maaf

fin.co.id - 25/06/2024, 11:32 WIB

Korban, Joe Claus Kusuma, didampingi Ketua 2 Bidang External B2W Indonesia Julius Caesar dan oknum driver Maxim yang bernama Fredy Taufiqurahman, akhirnya menyepakati untuk berdamai dan tidak melanjutkan kasus tersebut ke jalur hukum. Kesepakatan damai tersebut disaksikan pohak Polsek Metro Tanahabang dan orang tua korban, Senin 24 Juni 2024. (dok B2W Indonesia)

Viral Bocil Dihajar Oknum Driver Maxim yang Serobot Jalur Sepeda di Dukuh Atas, B2W: Proses Hukum Harus Dilanjutkan! 133228

Viral Bocil Dihajar Oknum Driver Maxim yang Serobot Jalur Sepeda di Dukuh Atas, B2W: Proses Hukum Harus Dilanjutkan! 133228

Awalnya Beringas Serobot Jalur Sepeda dan Hajar Bocil di Jalanan, Oknum Driver Maxim Kini Tertunduk Lesu dan Minta Maaf
Viral Bocil Dihajar Oknum Driver Maxim yang Serobot Jalur Sepeda di Dukuh Atas, B2W: Proses Hukum Harus Dilanjutkan! 133228

fin.co.id - Beberapa hari lalu sempat viral di sosial media TikTok, sebuah video yang menggambarkan seorang oknum driver ojek online (Ojol) Maxim menyerobot jalur sepeda di Dukuh Atas Jakarta, hingga melakukan kekerasan terhadap bocah kecil (Bocil) pesepeda yang dianggap menghalagi jalannya.

Kasus yang sempat ditangani Polsek Metro Tanahabang tersebut kemudian berujung perdamaian. Korban, Joe Claus Kusuma, didampingi Ketua 2 Bidang External B2W Indonesia Julius Caesar dan oknum driver Maxim yang bernama Fredy Taufiqurahman, akhirnya menyepakati untuk berdamai dan tidak melanjutkan kasus tersebut ke jalur hukum.

"Tepat hari ini Senin, 24 juni 2024. @b2w_indonesia diwakili oleh ketua, perwakilan @b2w_kotadepok serta rekan pesepeda, kami mendampingi Jojo (anak yang dianiaya dalam video viral sebelumnya) dan orang tuanya memenuhi panggilan polsek Tanah Abang @polsekmetrotanahabang715," tulis postingan di akun Instagram resmi B2W Indonesia, dikutip Selasa 25 Juni 2024.

"Pihak korban setuju untuk tidak lanjut memperkarakan/menuntut pelaku ke jalur hukum dan menerima permintaan maafkan dari pelaku Fredy Taufiqurahman ojol dari @maxim_indo," tulis pernyataan di akun IG B2W Indonesia.

Baca Juga

Ketua Umum B2W Indonesia Fahmi Saimima berharap, kejadian tersebut bisa menjadi pelajaran bagi semuanya, termasuk pihak regulator, untuk selalu berpedoman dan menjalankan aturan yang sudah ada.

"Harapan kami dengan adanya kejadian ini bisa jadi pelajaran buat penegak hukum untuk aktif memberikan sanksi terhadap pelanggar lalu lintas apapun jenis kendaraannya terutama pelanggar jalur sepeda terproteksi, yang sudah jelas-jelas diatur dalam Undang Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan," kata Fahmi.

"Terima kasih kepada Polsek Tanahabang yang telah menerima dan karena viral baru kemudian menindaklanjuti laporan dari korban yang sebelumnya sudah melapor pada Jumat 21 juni 2024 dini hari, tapi malah diarahkan ke kemayoran. Serta telah membuat adek kami makin terbebani mentalnya hanya karena berlama-lama di kantor polisi," tegas Fahmi.

Penyerobotan jalur sepeda kembali viral dan menjadi perbincangan di masyarakat, setelah video seorang anak kecil (Bocil) yang sedang bersepeda di jalur sepeda kawasan Dukuh Atas Sudirman, dihajar oleh oknum driver ojek online Maxim.

Dalam video viral yang diposting melalui akun TikTok classy6548, terlihat seorang anak yang menggunakan sepeda jenis MTB, sedang mengambil video di jalur sepeda, kawasan dukuh atas, Jakarta Pusat.

Baca Juga

Sesaat kemudian, anak itu dihampiri oleh oknum driver ojek online yang melintas melalui jalur sepeda. Tampak pada video viral tersebut, sang anak yang belakangan diketahui bernama Joe Claus Kusuma itu dimarahi oleh driver Maxim tersebut karena dianggap menghalangi jalannya di jalur sepeda.

"Awalnya kan saya mau bikin video. Itu kan videonya di Dukuh Atas. Motor pada lewat, yang lain (pengendara motor) bilang permisi dek, ada 4 motor lewat, cuman yang paling belakang ini (Driver Maxim), dia klakson-klakson sama ngedim-ngedim (lampu), teriak dari jauh, woy minggir, ini emang jalan punya bapak lo," ungkap Joe menirukan ucapan Driver Maxim tersebut, saat dihubungi fin.co.id, Senin 24 Juni 2024.

Joe mengatakan, saat oknum driver Maxim itu lewat, ia menabrak bagian belakang sepeda yang dinaikinya. Ia lantas bertanya, mengapa driver tersebut marah kepadanya. Joe beralasan ia sedang mebuat video.

"Kamu bikin video ya bikin video, tapi ini bukan jalan bapak kau," ujar Joe menirukan ucapan Driver Ojol tersebut.

Joe lalu meminggirkan sepedanya dan berusaha menjelaskan kepada oknum Driver Maxim tersebut. Ia berdalih tidak melanggar aturan karena ia bersepeda dan membuat video di jalur sepeda.

Joe mengatakan, saat kejadian tersebut, yakni hari Kamis, tanggal 20 Juni 2024, sekira pukul 22.00 WIB, kondisi jalanan di kawasan Dukuh Atas tidak ramai. Ia mengaku tidak tahu alasan Driver Maxim tersebut harus sampai melewati jalur sepeda.

Sigit Nugroho
Penulis
-->