MEGAPOLITAN . 24/06/2024, 12:32 WIB

Pengamat: Gerindra Calonkan Marshel di Pilkada Tangsel Cuma Buat 'Tes Ombak'

fin.co.id -  Partai Gerindra mengumumkan mendukung Marshel Widianto maju dalam Pilkada Kota Tangerang Selatan dan Andra Soni di Pilgub Banten.

Namun pencalonan keduanya dinilai pengamat media komunikasi UIN Jakarta sebagai tes ombak yang dilakukan partai besutan Prabowo Subianto tersebut guna aktif dalam Pilkada serentak 2024.

Perlu diketahui Marshel merupakan komika dan aktor. Sedangkan Andra Soni saat ini sebagai Ketua DPRD Provinsi Banten. Keduanya diumumkan maju dalam perhelatan Pilkada serentak oleh Ketua Umum Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

Pengamat media komunikasi UIN Jakarta Deden Mauli Darajat mengatakan pencalonan keduanya diyakini belum final karena Gerindra pastinya akan melihat respon publik usai diumumkan.

Baca Juga

"Saya melihatnya ini bagian dari tes ombak dan sah saja dilakukan Gerindra. Karena tujuannya untuk melihat elektoral dan elektabilitas sebelum dikeluarkan keputusan final," kata Deden, dikutip Senin 24 Juni 2024.

Deden menjelaskan sebagai Parpol penguasa tentunya harus terlibat aktif dalam pertarungan dalam Pilkada di beberapa daerah termasuk Tangsel dan Banten. Meskipun Gerindra sudah mempunyai nama - nama yang kapabilitasnya mumpuni memimpin daerah.

Untuk Pemilihan Gubernur Banten misalnya ada nama - nama beken seperti seperti Arief R Wismansyahz Iti Jayabaya yang memiliki rekam jejak di pemerintahan dan basis massa yang kuat.

"Pastinya Gerindra tak ingin bertarung dengan salah mengusung figur. Sebab Pilkada itu kekuatan basis massa," pungkasnya.

Untuk Arief R Wismansyah misalnya misalnya memiliki pengalaman berkecimpung di pemerintahan selama 15 tahun dengan segudang prestasi dan inovasi. Lalu Iti Jayabaya yang memiliki basis massa di Lebak dan sekitarnya.

Baca Juga

"Track record yang dimiliki Arief dan Iti pastinya jadi pertimbangan Gerindra. Karena Gerindra pastinya tak ingin salah memilih," paparnya.

Deden juga menyoroti media publisitas yang dilakukan sejumlah calon melalui pemasangan spanduk, baliho dan lainnya. Hal ini menandakan sejatinya calon gubernur yang akan bertarung kedepan sudah terlihat. Karena Pilkada selalu terkait dengan kekuatan ekonomi para calon.

"Masih ada zona komunikasi yang sangat terbuka sebelum kepastian final saat pendaftaran nanti. Gerindra diyakini memilih calon dengan latar belakang pengalaman yang kuat di pemerintahan serta segudang inovasi guna mendukung kerja Prabowo kedepan," katanya.

© 2024 Copyrights by FIN.CO.ID. All Rights Reserved.

PT.Portal Indonesia Media

Alamat: Graha L9 Lantai 3, Jalan Kebayoran Lama Pal 7 No. 17, Grogol Utara, Kebayoran Lama, RT.7/RW.3 Kota Jakarta Selatan 12210

Telephone: 021-2212-6982

E-Mail: fajarindonesianetwork@gmail.com