News

AHY Masih Cari Kandidat Buat Pilkada 2024, Demokrat Masih Ngarep dengan Koalisi KIM

fin.co.id - 23/06/2024, 21:46 WIB

AHY Masih Cari Kandidat Buat Pilkada 2024, Demokrat Masih Ngarep dengan Koalisi KIM

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

fin.co.id - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dengan tegas menyatakan bahwa partainya sedang dalam proses mencari kandidat yang tepat untuk Pilkada serentak 2024.

AHY menekankan bahwa kandidat yang dipilih harus tidak hanya memiliki semangat tinggi, tetapi juga kesiapan yang matang.

"Demokrat sendiri masih terus mencari kandidat-kandidat yang terbaik, yang bisa menang. Kita juga harus logis mengatakan semangat tidak selalu sama dengan kesiapan," ujar AHY kepada wartawan pada Sabtu, 22 Juni 2024.

Menanggapi tantangan unik dalam menghadapi Pilkada kali ini, AHY menjelaskan bahwa partainya menggunakan berbagai survei untuk mengecek potensi kemenangan.

Baca Juga

"Kita mencoba dengan survey, mengecek potensi menang. Itu yang menjadi pertimbangan. Kalau saya bilang hari ini masih dinamis ya, karena belum semua wilayah bisa kita tentukan," paparnya.

AHY juga menegaskan pentingnya menjaga semangat koalisi Koalisi Indonesia Maju (KIM) dalam menghadapi Pilkada serentak ini.

"Semangatnya tentu kalo bisa bareng-bareng, kenapa tidak, yang paling ideal adalah kita menganalisis 2 wilayah yang kita anggap strategis dan punya calon yang sama segera kita rampungkan, memberi rekomendasi kepada siapa. Prabowo juga bilang kalau bisa bareng-bareng bagus," tambahnya.

Meskipun proses ini dinamis, AHY menegaskan bahwa Partai Demokrat tetap solid dalam mempersiapkan langkah-langkah strategis untuk Pilkada 2024.

"Masih dinamis, kami solid, kami utuh, semangatnya adalah jangan sampai kita tidak kompak karena Pilkada. Karena perjuangan mengawal pemerintahan 5 tahun ke depan penting sekali," tutupnya. 

Baca Juga

AHY juga mengungkapkan persiapan partainya untuk menghadapi Pilkada Jakarta.

Menurutnya, partainya sangat realistis dalam menghadapi Pilkada Jakarta dengan tidak berharap menjadi kandidat Cagub.

"Ya kita sendiri lagi uji. Kita juga punya kader-kader, gak selalu no 1, bisa no 3 gitu, tapi juga kita realistis kok. Kita gamau memaksakan diri tapi juga gak mau ketinggalan kereta, artinya kita terus mencari yang terbaik," katanya kepada wartawan, Sabtu 22 Juni 2024.

AHY juga menyoroti pentingnya strategi yang solid dalam meraih kemenangan di Pilkada Jakarta, dengan melibatkan Koalisi Indonesia Maju.

"Demokrat saya rasa dan teman-teman di KIM inginnya kalau kita mengusung ya menang gitu," ucapnya.

Meskipun demikian, AHY menyadari bahwa keputusan akhir masih harus menunggu hasil lebih lanjut.

Khanif Lutfi
Penulis
-->