MEGAPOLITAN

BPBD DKI Akan Modifikasi Cuaca untuk Atasi Polusi Udara Jakarta

fin.co.id - 22/06/2024, 15:36 WIB

Kualitas udara di Jakarta menempati posisi terburuk di dunia

fin.co.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta bakal berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk mengatasi polusi udara di Jakarta. Pasalnya, beberapa pekan terakhir ini kondisi cuaca di Jakarta buruk.

"Kami akan berkoordinasi dengan BNPB dan BMKG mengenai arahan Pj Gubernur untuk melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC) di Jakarta, seiring dengan kondisi udara Jakarta yang sedang memburuk beberapa waktu terakhir," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji, Sabtu 22 Juni 2024.

Lebih lanjut, Isnawa menyampaikan, sebelumnya wilayah Jakarta dan sekitarnya pernah melakukan TMC untuk mengatasi kondisi cuaca ekstrem dan polusi udara. Seperti pada akhir tahun 2022, BPBD berkoordinasi dengan tim gabungan TMC yang terdiri dari BMKG, BRIN, BNPB, dan TNI AU untuk melakukan penyemaian garam di kawasan Jakarta untuk menanggulangan potensi cuaca ekstrem yang terjadi.

"Pada pertengahan tahun 2023 juga pernah dilakukan TMC untuk mengatasi pencemaran udara di Jakarta pada saat musim kemarau dengan kolaborasi dari tim gabungan," kata Isnawa.

Baca Juga

Upaya yang dilakukan ini tentunya bertujuan untuk memastikan polusi udara Jakarta dapat terkendali dan tidak memberikan dampak lanjutan yang serius bagi masyarakat Jakarta. Untuk saat ini, BPBD DKI akan kembali melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk kembali melakukan TMC, salah satunya adalah BMKG.

"BMKG telah membentuk kedeputian yang khusus bekerja melakukan operasi modifikasi cuaca, yang nantinya dapat membantu Jakarta untuk membahas lebih teknis mengenai pelaksanaan operasional TMC ke depan," tukasnya.

(Can)

Mihardi
Penulis
-->