Ekonomi

Program BPJS Keliling Beri Kemudahan Aksesibilitas dan Pendekatan Layanan ke Seluruh Lapisan Masyrakat

fin.co.id - 21/06/2024, 16:16 WIB

John Rehavin (60) seorang warga pensiunan PNS yang bertempat tinggal di Kelurahan Pasar Pulau Tello

fin.co.id - BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli kembali melakukan Program BPJS Keliling ke wilayah pelosok untuk memberikan kemudahan aksesibilitas dan pendekatan layanan yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Pada kesempatan ini, BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli menyambangi masyarakat di Kepulauan Tello, Kabupaten Nias Selatan.

BPJS Keliling memberikan akses yang lebih mudah dan terjangkau dalam memperoleh layanan administrasi kepersertaan seperti pendaftaran, perubahan data, pengecekan status aktif peserta, konsultasi dan informasi serta berbagai layanan yang terkait dengan kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Hadirnya BPJS Keliling disambut baik oleh masyarakat Pulau Tello. BPJS Keliling menjadi solusi bagi masyarakat untuk mengakses layanan BPJS Kesehatan dengan waktu yang cepat dan biaya yang murah, serta jarak tempuh yang mudah untuk dijangkau masyarakat sehingga tidak perlu menempuh waktu yang lama untuk mengunjungi kantor BPJS Kesehatan untuk urusan administrasi kepersertaan.

Baca Juga

John Rehavin (60), merupakan seorang warga pensiunan PNS yang bertempat tinggal di Kelurahan Pasar Pulau Tello menyampaikan dukungan dan sangat bersyukur dengan adanya layanan BPJS Keliling. Ia mengakui bahwa hadirnya BPJS Keliling sangat memudahkan akses masyarakat untuk memperoleh layanan administrasi kepersertaan BPJS Kesehatan tanpa harus menempuh waktu yang lama untuk pergi ke Kantor BPJS Kesehatan.

“Saya sangat mendukung adanya BPJS Keliling karena di Kelurahan Pasar Pulau Tello ini daerahnya sangat terpencil sekali, akses dari Pulau-pulau Batu khususnya Pulau Tello Ke Nias Selatan itu bisa memakan waktu total 14 jam untuk perjalanan pulang pergi menggunakan kapal laut. Perjalanan untuk pergi ke Kantor BPJS Nias Selatan harus mengeluarkan akomodasi dengan biaya yang tinggi, maka dengan adanya BPJS Keliling ini sangat membantu,” ucap John, (06/06).

Saat hadirnya BPJS Keliling, John mengakses layanan kepesertaan untuk menambahkan anak perempuannya agar dapat masuk dalam Program JKN.

“Saya mau mengakses layanan agar anak saya yang bernama Trisasmita dapat dimasukkan ke BPJS keluarga,” tutur John.

Sebelumnya, John juga sudah pernah menikmati manfaat menggunakan BPJS Kesehatan dalam layanan kesehatan sebanyak tiga kali yaitu layanan kesehatan berupa check up kesehatan kepala, pembuatan kacamata, dan rawat inap yang dimana saat mengakses layanan kesehatan itu John tidak mengeluarkan biaya sama sekali.

Baca Juga

“Saya sudah menikmati BPJS Kesehatan ini sebanyak tiga kali. Pertama untuk check up kepala, kedua untuk pembuatan kacamata, dan ketiga saat saya rawat inap di Rumah Sakit Yos Sudarso, Padang. Semuanya dijamin BPJS dan tidak ada satu sen pun biaya keluar,” ujar John.

John berharap semoga BPJS Keliling tersebut dapat dilaksanakan sekali dalam setiap tiga bulannya sehingga masyarakat dapat lebih mengerti dan memahami apa saja manfaat yang dapat diperoleh dengan terdaftarnya sebagai anggota dari Program JKN.

“BPJS Keliling ini kalau bisa sekali tiga bulan datang kesini, jadi kami itu lebih mengerti, lebih memahami apa saja manfaat dari BPJS,” jelas John.

Pada kesempatan yang sama, John menyampaikan rasa syukur dan terima kasih yang begitu besar dengan adanya program BPJS Kesehatan yang sudah sangat banyak membantu ia untuk mengakses layanan kesehatan dengan biaya yang terjangkau.

“Kalau saya menyampaikan terima kasih itu mungkin terlalu kecil, saya hanya bersyukur karena adanya BPJS Kesehatan nyawa saya sudah tiga kali ditolong oleh BPJS Kesehatan, terakhir bulan kemarin juga saya tertolong dengan bantuan BPJS,” ujar John.

Sahroni
Penulis
-->